#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Manfaat Daun Ubi Kayu (Singkong) dan Bukan Hanya Nikmat Ternyata Umbinya Juga Menyehatkan

Daun Ubi Kayu (singkong) dapat digunakan untuk mengobati stroke.
DIOLUHTAN - Ubi Kayu (singkong) merupakan jenis tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat banyak orang memanfaatkanna sebagai menu pokok pengganti nasi.
Dilansir laman manfaatnyasehat.com, Ubi kayu ini sudah banyak diolah menjadi makanan yang bernilai ekonomis tinggi. Mulai dari diolah menjadi singkong keju, kripik singkong, dan olahan lezat lainnya.

Selain lezat, singkong juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Seluruh pohonnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Akarnya bisa dimakan, batangnya dapat dibuat bibit singkong dan daunnya yang mampu mengobati berbagai penyakit.
Lalu bagaimana dengan daunnya? Apa keutamaan dan manfaat dari daun singkong untuk kesehatan?
Karena belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang manfaat daun singkong bagi kesehatan, disini saya akan berbagi kepada anda semua mengenai manfaat daun sinkong untuk kesehatan.
Manfaat daun singkong yang pertama adalah sebagai obat untuk mengatasi penyakit stroke. Stroke merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sering membunuh para korbannya Dan menurut penelitian para ilmuan, daun singkong merupakan salah satu obat yang mampu menyembuhkan penyakit stroke.
Hal tersebut dikarenakan daun singkong merupakan jenis dedaunan yang banyak mengandung isoflavon. Kandungan inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi penyakit stroke.
Khasiat daun singkong yang kedua adalah sebagai peningkat daya tahan tubuh. Olahan daun singkong dapat membuat anda menjadi terhindar dari berbagai penyakit ringan.
Hal tersebut dikarenakan dalam daun singkong terkandung vitamin C yang jumlahnya cukup banyak sehingga dapat membuat daya tubuh meningkat. Tentunya harus diiringi dengan usaha menjaga kebersihan diri dan juga lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.
Manfaat daun singkong yang berikutnya adalah sebagai obat yang dapat menyehatkan mata. Daun singkong mengandung banyak vitamin A.
Seperti yang kita ketahui, vitamin A adalah jenis vitamin yang mampu menjaga kesehatan mata. Caranya hanyalah dengan cara mengkonsumsi sayur ini rutin setidaknya 3 kali dalam satu minggu dan anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk olahan apapun.
Khasiat daun singkong berikutnya adalah sebagai sayuran anti osteoporosis. Daun singkong memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang berfungsi sebagai zat yang mampu menjaga kesehatan tulang. Dengan tulang yang kuat maka otomatis anda akan terhindar dari penyakit tulang keropos atau biasa disebut osteoporosis.
Manfaat yang berikutnya adalah sebagai obat penyembuh luka. Daun singkong merupakan daun yang kaya akan kandungan serat dan zat besi. Menurut penelitian, serat dan zat besi sangat bermanfaat sebagai zat yang ammapu mempercepat pengeringan luka. Selain dapat emmpercepat proses pengeringan luka, daun singkong juga dapat bermanfaat untuk meminimalisir terbentuknya bekas luka. Tentu hal ini sangat penting karena bekas luka sering kali mengganggu percaya diri anda.
Khasiat daun singkong yang beriikutnya adalah sebagai obat anti sakit kepala. Caranya adalah dengan mengkonsumsi daun ini dalam bentuk daun singkong rebus dan mengolahnyya menjadi makanan yang tidak mengandung santan. hal tersebut dikarenakan santan merupakan salah satu bahan makanan yang seringkali membuat orang pusing ketika berlebihan dalam mengkonsumsinya.
Manfaat yang berikutnya adalah sebagai pencegah proses penuaan. Bagi para wanita, mencegah proses penuaan adalah hal yang penting untuk dilakukan.
Bahkan saking pentingnya, banyak diantara wanita yang rela menjalani operasi plastik demi mendapatkan wajah yang muda dan segar. padahal, jika mereka mau mengamati manfaat daun singkong, mereka tak usah lagi susah-susah mengeluarkan banyak uang untuk menjalani operasi plastik.

Mereka hanya perlu mengkonsumsi daun singkong kemudian menunggu reaksinya, demikian ulasan kami mengenai manfaat daun singkong. Silahkan anda mencoba. 
Bukan Hanya Nikmat Ternyata Umbinya Juga Menyehatkan
Singkong, yang juga dikenal dengan nama manioc atau yucca, merupakan sejenis umbi-umbian yang umum dijumpai di daerah beriklim tropis, termasuk Indonesia.
Seperti jenis makanan pokok lainnya, singkong sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah, hal ini karena adanya kandungan cyanogenic glycosides, atau yang lebih dikenal dengan sianida, yang dapat menjadi racun mematikan.
Dengan memasaknya hingga matang, singkong aman dikonsumsi. Manfaat singkong sebagai pengganti nasi untuk kesehatan, antara lain adalah sebagai berikut:
Singkong mentah setelah dikupas kulitnya.
1. Kaya mineral
Dilansir meetdoctor.com Singkong mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi dan potasium. Berbagai jenis mineral ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan berbagai fungsi dalam jaringan tubuh.
Kalsium penting untuk tulang dan gigi yang kuat, sedangkan zat besi diperlukan untuk pembentukan dua jenis protein, yaitu hemoglobin dan myoglobin. Dua protein inilah yang nantinya bertugas membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.
Kandungan mangan yang ada di dalamnya akan membantu menguraikan karbohidrat serta protein.
Di dalam 100 gram singkong terkandung 16 miligram kalsium, 21 miligram magnesium, 271 miligram potasium, 27 miligram fosfor dan 0,4 miligram mangan. Selain itu, 14 miligram sodium, 0,3 miligram zinc dan 0,3 miligram zat besi juga terkandung di dalam singkong.
2. Kaya serat
Singkong mengandung kadar serat yang tinggi yang baik untuk mencegah sembelit. Selain menghindarkan sembelit, konsumsi cukup serat juga baik untuk membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga secara tidak langsung membantu menghilangkan kelebihan berat badan, mengurangi risiko penimbunan kolesterol, dan menghindarkan penyakit jantung.
Bagi para penderita diabetes, mengonsumsi singkong dapat membantu menurunkan kadar gula darah, karena serat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah.
3. Kaya karbohidrat
Singkong kaya akan karbohidrat, sehingga mampu menjadi menjadi makanan pokok. Dalam setiap 100 gram singkong, terdapat 38 gram karbohidrat untuk sumber energi bagi Anda yang memiliki aktivitas fisik tinggi.
4. Bebas gluten
Tak adanya gluten, senyawa protein alergenik, dalam singkong menjadikan singkong sebagai pilihan yang tepat untuk menggantikan makanan karbohidrat sejenis yang memiliki kadar gluten tinggi (seperti gandung dan barley).
Para penderita penyakit celiac dan alergi gluten dapat mengonsumsi singkong, ataupun makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong, dan tapioka, tanpa rasa khawatir karena jenis makanan ini tidak mengandung gluten.
5. Kaya saponin
Singkong atau ubi memiliki kandungan saponin yang tinggi; saponin itu sendiri merupakan senyawa fitokimia yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Saponin bekerja dengan mengikat cairan empedu dan kolesterol sehingga mencegah penyerapan kolesterol melalui usus kecil. Selain itu, efek antioksidan dari saponin juga dapat melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas.
Bahkan, sebuah riset yang dilakukan di Universitas Tianjin pada tahun 2010, telah membuktikan bahwa saponin dapat mengurangi risiko terjadinya kanker.
Sumber : 
  1. http://jabar.tribunnews.com/2015/05/26/masya-allah-tak-hanya-lezat-ternyata-singkong-juga-sangat-menyehatkan
  2. http://jabar.tribunnews.com/2015/06/03/sering-dianggap-remeh-ternyata-manfaat-daun-singkong-sangat-luar-biasa

Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment