#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Cara Murah dan Mudah Obati Penyakit Kanker Batang pada Kakao

DIOLUHTAN-suluhtaniLahan perkebunan adalah lahan usaha pertanian yang luas, biasanya terletak di daerah tropis atau subtropis, yang digunakan untuk menghasilkan komoditi perdagangan (pertanian) dalam skala besar dan dipasarkan ke tempat yang jauh, bukan untuk konsumsi lokal.
Perkebunan dapat ditanami oleh tanaman keras/industri seperti kakao, kelapa, dan teh, atau tanaman hortikultura seperti pisang, anggur, atau anggrek. Dalam pengertian bahasa Inggris, "perkebunan" dapat mencakup plantation dan orchard.
Ukuran luas perkebunan sangat relatif dan tergantung ukuran volume komoditi yang dipasarkannya. Namun demikian, suatu perkebunan memerlukan suatu luas minimum untuk menjaga keuntungan melalui sistem produksi yang diterapkannya. 



Selain itu, perkebunan selalu menerapkan cara monokultur, paling tidak untuk setiap blok yang ada di dalamnya. Penciri lainnya, walaupun tidak selalu demikian, adalah terdapat instalasi pengolahan atau pengemasan terhadap komoditi yang dipanen di lahan perkebunan itu, sebelum produknya dikirim ke pembeli.
Berikut ini kami mencoba membagi ilmu pengalaman mengenai metode pengobatan penyakit kanker batang pada tanaman kakao. 
Cara mudah dan murah mengobati penyakit kanker batang pada tanaman kakao adalah :
  1. Kupas kulit batang kakao yang terserang, sampai pada bagian dalam batang yang terkena kanker. Biasanya berwarna kecokelatan.
  2. Sediakan kapur sirih secukupnya, kemudian campur dengan air lalu tabur/oleskan pada bagian batang yang telah dikupas tadi.
  3. Biarkan olesan bahan sampai mengering.
  4. Ulangi cara tersebut secara rutin (pagi atau sore hari), sampai batang kakao sembuh.
Demikianlah beberapa cara mudah dan murah mengobati penyakit kanker batang pada tanaman kakao, semoga bermanfaat.
(Y.A. Yahya dari berbagai sumber)
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment