#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Klp. Tani "Berkah" terima Dana KKP-E Rp.700 Juta

Dioluhtan-Sulsel. Kelompok tani ternak “Berkah” Kecamatan Patimpeng, Kab. Bone, Sulsel yang bergerak dalam bidang perdagangan ternak antar pulau mendapat dana bantuan permodalan berupa Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E) senilai 700 juta rupiah dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Watampone.
Penyerahan secara simbolis kredit tersebut dilakukan Bupati Bone H A Fahsar M Padjalangi didampingi kepala cabang BRI Watampone Ihsan Maulana dan disaksikan Ketua DPRD A Akbar Yahya, Kadis Peternakan Kab. Bone dan Kepala BP4K Kab. Bone, Camat, Kades dan masyarakat, di Desa Masago Kec. Patimpeng, Kab. Bone (Sabtu, 15/11).
Kepala Dinas Peternakan Bone drh Aris Handono dalam sambutannya mengatakan, kelompok tani ternak Berkah Desa Masago yang mendapat kucuran kredit dari BRI cabang Watampone bergerak dibidang perdagangan ternak sapi dengan pasar terbesar di pulau Kalimantan. Ternak yang di jual antar pulau itu didominasi dari ternak sapi hasil kawin suntik yang ada di sekitar kecamatan Patimpeng maupun dari hasil ternak binaan kelompok lain di beberapa kecamatan di kabupaten Bone. Pemerintah daerah berharap, dengan adanya penyaluran kredit lunak tersebut dapat dijadikan modal bagi kelompok peternak di kabupaten Bone dalam menciptakan pola ternak mandiri.
“Pemerintah senantiasa mendorong pola pemeliharaan petani ternak di Kabupaten Bone dengan pola mandiri, petani ternak nantinya diharapkan memiliki kemampuan serta naluri daya saing dan kompetisi serta analisas bisnis yang baik mengingat tantangan dan kompetisi di pasar kedepan akan semakin berat” Ujarnya.
Kepala Cabang BRI Watampone Ihsan Maulana dalam sambutannya mengatakan,dukungan dari pihak perbankan kepada petani di kabupaten Bone sangat besar, dukungan tersebut diantaranya dalam bentuk bantuan KKP-E. Pihaknya, menurut Ihsan Maulana sampai saat ini telah menyalurkan kredit ke 72 kelompok petani dan peternak dengan nilai kredit sebesar 20 milyar rupiah.
“Bank BRI akan terus berupaya menyalurkan kredit dengan nilai bunga rendah agar seluruh kelompok tani dan peternak yang ada di Kabupaten Bone dapat tersentuh dengan program ini, kedepan nantinya bank BRI akan mengembangkannya pada sektor lain diantaranya di sektor pertambangan dan sektor budidaya rumput laut” ungkapnya.
Sementara itu Bupati Bone, H A Fahsar M Padjalangi dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah senantiasa mempunyai perhatian dan kepedulian yang besar kepada petani. Wujud perhatian pemerintah tersebut diantaranya dilakukan melalui Bank BRI Cabang Watampone yang memberikan kucuran bantuan kredit kepada kelompok tani Berkah kurang lebih 700 juta rupiah dengan bunga sangat kecil.
Hal ini dilakukan pemerintah karena mengharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan petani maupun peternak dengan memanfaatkan potensi yang ada. “Bagi kelompok tani ternak maupun perorangan di seluruh wilayah Kabupaten Bone diharapkan segera memanfaatkan program ini karena prosesnya cepat dan tidak berbelit-belit dengan bunga rendah” Ungkap Bupati.
Lanjut A Fahsar mengatakan, dimasa mendatang sektor peternakan di kabupaten Bone akan dijadikan sebagai prioritas utama pemerintah daerah. “Kabupaten Bone yang terkenal sabagai salah satu sentra pengembangan ternak terbesar di Indonesia akan tetap berupaya agar prestasi itu dapat di pertahankan dengan mempermudah aspek permodalan serta mendorong petani ternak menggunakan pola beternak secara modern dan mandiri” tegasnya.

Selain penyerahan kredit, dalam kesempatan tersebut, Bupati Bone juga menyerahkan bantuan mesin tetas unggas dan mobil layanan inseminasi buatan kepada penanggung jawab kegiatan di Dinas Peternakan Kab. Bone yang nantinya akan memdistibusikan pelayanan kontainer dan sperma beku ke seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Bone. Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi lokasi kandang ternak sapi kelompok tani “berkah”.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment