#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Buah Ajaib Tomat : Pelindung Prostat dan Usus

DIOLUHTAN-suluhtani. Selain kaya mineral, jus tomat juga mengandung vitamin A, K, B1, B2, B3, B5 dan B6 serta magnesium serta fosfor. Selain bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, buah tomat juga diklaim bisa mencegah kanker.
Manfaat tomat sebagai buah-buahan yang termasuk mengandung vitamin C sangatlah banyak. Manfaat itu dapat di ambil lewat mengonsumsi atau memakainya dalam berbagai treatment. Tomat banyak dipilih orang, disebabkan tomat merupakan buah yang mudah didapat dan juga sangatlah terjangkau harganya. Selain itu hampir di tiap rumah terdapat tomat, sebab ia merupakan bumbu dapur yang banyak dipakai di kalangan ibu rumah tangga.
Buah tomat memang memiliki segudang manfaat, seperti :
1. Menurunkan dan membakar kadar lemak tubuh
Dilengkapi dengan vitamin C dan lycopene fitokimia, tomat merangsang produksi asam amino yang dikenal sebagai karnitin. Penelitian telah menunjukkan carnitine membantu mempercepat kapasitas pembakaran lemak tubuh dengan sepertiga.
2. Menurunkan risiko kanker prostat dan payudara
Sejumlah penelitian membuktikan, lycopene pada tomat bisa menurunkan risiko kanker seperti kanker prostat dan payudara.
3. Mengurangi risiko penyakit kronis
Antioksidan yang terdapat dalam tomat membantu melawan penyakit yang menyebabkan peradangan seperti diabetes, asma dan penyakit jantung.
4. Mengatasi sembelit
Serat dan kadar air yang tinggi membuat tomat juga baik untuk menjaga kesehatan usus besar. Maka itu, tidak heran bila buah ini diajadikan senjata ampuh mengatasi sembelit dan diare.
5. Menurunkan kadar kolesterol
Beberapa ahli mengatakan bahwa jus tomat adalah cara yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Serat yang memecah kolesterol LDL, dan mengandung niacin efektif memerangi kadar kolesterol tinggi.
6. Memelihara kesehatan, anti oksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kombinasi vitamin A dan C dalam tomat berguna untuk memelihara kesehatan gigi dan gusi, mempercepat sembuhnya luka, mencegah penyakit skorbut, mencegah pendarahan pembuluh darah halus, menjaga organ pengelihatan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan reproduksi.
Credit: Gabriel Abdi Susanto (http://health.liputan6.com/)
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment