#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Mengenal Penyakit SURRA pada Ternak Sapi

Surra adalah nama salah satu penyakit pada ternak sapi yang disebabkan oleh sejenis protozoa yaitu  Trypanosoma evansi. Protozoa ini hidup di dalam darah penderita dan mengisap glukosa yang terkandung di dalam darah. Selain itu, ia mengeluarkan sejenis racun yang disebut trypanotoksin yang bisa mengganggu kesehatan ternak sapi yang menderita penyakit ini.
Ternak sapi yang terjangkit penyakit Surra akan menampakkan gejala-gejala sebagai berikut :

  • Suhu badan (demam) yang terjadi secara berselang-seling.
  • Karena kekurangan darah, sapi akan tampak pucat, letih dan tak memiliki tenaga.
  • Nafsu makannya akan berkurang, akibatnya sapi akan kehilangan berat badan secara cepat.
  • Di bagian bawah dagu dan kaki kelihatan kotor dan kering seperti bersisik.
  • Pada kondisi yang sudah parah, parasit akan menyerang otak, sehingga terjadi gangguan syaraf. Akibatnya ternak sapi akan berputar-putar tanpa arah

Penyakit Surra mudah menyebar dari hewan yang satu ke hewan yang lain melalui gigitan lalat penghisap darah yang disebut Tabanus bovinus. Melalui Lalat ini parasit Trypanosoma menyebar dari dari sapi yang sakit ke sapi yang sehat.  Selain lalat Tabanus bovinus, hewan lainpun pun bisa menjadi perantara, seperti caplak, nyamuk Anopheles dan pinjal atau kutu.
Untuk mencegah penularan, ternak sapi yang telah terinfeksi harus segera diasingkan di kandang yang tertutup sehingga terlindung dari gigitan lalat. Kemudian lakukan penyemprotan terhadap semua peralatan ataupun lingkungan yang banyak dihinggapi lalat.
Untuk mengobati ternak sapi menderita penyakit ini, dapat menggunakan Nagonal, Arsokol, atau Atoxyl. Namun jika sapi terlanjut mati, segera bakar atau dikubur pada lubang yang dalam.

Sumber : binaukm.com;09/05/10;"Jenis Penyakit Sapi : Peluang Usaha Sapi Potong"
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment