Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Tips dan Trik Menggemukkan Hewan Ternak


Berikut ini tips dan trik untuk menggemukkan hewan ternak seperti sapi, kambing atau domba :
  1. Pilihlah bakalan jantan yang seragam, baik jenisnya, umur, bobot badan, dan kondisi tubuh.
  2. Bagi peternak pemula, mulailah memelihara dalam jumlah yang tidak terlalu banyak misalnya 2 atau 3 ekor.
  3. Lama penggemukan pada sapi berbeda-beda bergantung umur sapi yang dibeli. Namun, sapi yang diberikan konsentrat biasanya lebih cepat panen dibandingkan dengan yang hanya diberikan hijauan.
  4. Pemberian obat cacing pada sapi yang akan digemukan mutlak dilakukan untuk mencegah terkena penyakit cacingan. Hal ini disebabkan, cacing dapat mengambat pertumbuhan dan penggemukkan hewan ternak.
  5. Jaga sapi dan kandang tetap bersih serta bebas dari kuman penyakit.
  6. Perhatikan kondisi pasar dan sebisa mungkin waktu selesai penggemukan merupakan saat harga hewan pedaging sedang naik. Misalnya saat hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, Tahun Baru, dan hari besar lainnya.
  7. Mencintai pekerjaan yang dilakukan merupakan kunci sukses setiap usaha.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment