Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Alternatif Di Tengah "Galau"nya Ketahanan Pangan Indonesia

Kacang Komak Bisa Gantikan Kedelai

komak3 ALTERNATIF DI TENGAH GALAUNYA  KETAHANAN PANGAN INDONESIA : Kacang Komak Bisa Gantikan Kedelai “Kacang komak (Lablab purpureus (L.) Sweet sin. Dolichos benghalensis Jacq., Dolichos lablab L.,Dolichos purpureus L., Lablab niger Medikus, Lablab purpurea (L.) Sweet, Lablab vulgaris (L.) Savi,Vigna aristata Piper) merupakan tanaman kacang-kacangan asal Afrika dan Madagaskar yang kini sudah dibudidayakan secara luas di kawasan tropika dan subtropika dunia. Kacang komak merupakan tanaman setahun atau tahunan berumur pendek, bercabang banyak dan tumbuh melilit. Batang kokoh, membelit ke atas sampai sepanjang 3-6 m, daun berhelai tiga (trifoliat), helai daun bulat telur, panjang 7,5-15 cm, tipis, runcing ke arah ujung, permukaan atas halus, permukaan bawah agak berambut. Tangkai daun panjang dan ramping. Rangkaian bunga berupa tandan tegak, berisi banyak bunga, bertangkai panjang. Bunga berwarna-warni (putih, biru, ungu). Panjang polong 4-5 cm, pipih melebar, berwarna hijau, hijau pucat, pucat bersemu merah, atau merah, halus, dan berujung runcing, berisi 2-4 atau 6-8 biji. Biji pipih, panjang 1,0 cm lebar 0,7 cm, warna bervariasi (putih, krem, cokelat cerah atau gelap, merah, sampai hitam atau berbercak), mempunyai hilum putih. Kacang komak merupakan kacang yang ternyata menempati urutan ketiga dalam hal kandungan gizi dibandingkan dengan kacang-kacang yang lainnya.Komak banyak ditemui di daerah Probolinggo, Jawa Timur.Komak dapat hidup di cuaca yang sangat panas dan tanah yang minim air sekalipun.Masyarakat biasa memasak komak untuk sayur asam.Komak muda yang biasanya dimasak sayur asam.Bagian yang dimasak adalah biji komak berikut kulitnya.Kulit komak turut dimasak karena berfungsi sbg kaldu sayuran.Bila sudah matang, yang dimakan adalah bijinya saja dan kulitnya tidak umum dimakan (seperti makan kacang). Sayur asam komak nikmat dihidangkan dengan nasi jagung, sambal tomat, tempe goreng dan ikan asin.Komak yang sudah tua pun bisa dikonsumsi.Caranya dengan menjemur komak tua hingga kering.Setelah kering benar, komak diambil biji-bijinya saja sedangkan kulitnya dibuang.Setelah itu, biji komak kering direbus hingga matang.Setelah matang, komak tua dapat dimasak dengan bumbu.Misal dibuat sambal goreng”

 

 BOGOR – Kacang komak (Lablab purpureus (L.) Sweet) dapat menjadi alternatif pengganti kedelai dalam memproduksi tempe dan tahu.
Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor Dr Arif Hartoyo mengemukakan, Kacang Komak memungkinkan untukmengurangi impor kedelai, katanya saat ditemui, Selasa (31/07/2012).
Kedelai bisa digantikan oleh kacang-kacang lain seperti salah satunya kacang komak. Kacang Komak berasal dari India, sedangkan kedelai dibawa oleh China.
Di Indonesia Kacang Komak ini telah dikembangkan di Probolinggo. Kacangnya mirip kedelai dengan sumber protein 20 hingga 27%.
“Keunggulan komak, ia merupakan jenis tanaman yang tumbuh baik di daerah marjinal dan tandus, tidak butuh input produksi yang banyak serta produksi tinggi dan tahan hama penyakit,” katanya.
Kacang Komak memiliki dua jenis yakni komak hitam dan komak kuning. Dari hasil penelitian (2003-2011) yang dilakukannya, Arif menemukan Komak digunak untuk pangan fungsional.
Ia mengatakan, tempe dari kacang komak cukup bagus, memiliki kandungan gizi air sebesar 9,29%, protein 21,42%, lemak 0,98%, karbohidrat 64,49% dan abu sebesar 3,83%.
“Kandungan komponen fungsional kacang komak terdiri dari serat pangan, oligosakarida, glubulin 7 S dan 11 S, fitosterol dan flavonoid,” katanya.
Pembuatan tempe kacang komak juga telah diujicobakan. Dengan mengkonsumsi tempe berbahan kacang komak dapat menjadi anti kolesterol.
“Isolat protein kacang komak mempunyai sifat fungsional pengolahan mirip dengan isolat protein kedelai komersial (Supro) dengan sifat fungsional pengolahan memiliki daya serap air, daya serap minyak, daya emulsi, kapasitas busa dan stabilitas busa,” ujarnya.
Pada bagian lain penjelasannya, ia menyebutkan impor kedelai Indonesia sudah berlangsung sejak 2006 dengan jumlah yang cukup tinggi yakni 60 hingga 70% setiap tahunnya.
Impor kedelai ini untuk menutupi produksi kedelai dalam negeri yang terus turun.
Dalam pemaparannya, pada tahun 2006 kebutuhan kedelai dalam negeri sebesar 1,88 juta ton.
Kebutuhan itu dipasok dari produksi kedelai dalam negeri sebesar 0,75 juta ton, dan impor 1,13 juta ton.  Jumlahnya persentase produksi terhadap kebutuhan dalam negeri sebesar 39,8 persen.
Jumlah itu terus meningkat, pada tahun 2010. Tingkat kebutuhan kedelai dalam negeri sebesar 2,65 juta ton dipasok dari produksi dalam negeri sebesar 0,91 juta ton dan impor 1,74 juta ton dengan persentasi produksi terhadap kebutuhan dalam negeri sebesar 34,3%.
Ketergantungan impor kedelai Indonesia semakin meningkat, sehingga harganya kian mahal menyebabkan krisis tempe tahu kembali terulang.
Dijelaskannya, kedelai dimanfaatkan untuk pembuatan tempe, tahu, kecap, susu kedelai, isolat atau konsentrat protein, TVP (texturized vegetable protein), makanan bayi, dan pangan olahan lainnya.
“Kita sebenarnya bisa lepas dari ketergantungan impor. Krisis kedelai ini bisa ditangani asal pemerintah mau, kita dapat mendorong peningkatan produksi dalam negeri,” katanya.
Di Indonesia, ada dua jenis kacang kedelai yakni kedelai hitam dan kuning. Perkebunan kedelai kuning ditemukan di Jawa Timur, sedangkan kedelai hitam terdapat di Nusa Tenggara Barat. 
Sumber : Jagotani dot com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment