#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Agribisnis Membangun Pertanian dan Ekonomi Indonesia


Selama ini logika pembangunan pertanian di Indonesia merupakan bagian dari pembangunan ekonomi nasional. Dimana pertumbuhan ekonomi nasional yang menjadi orientasi utama. Konsekuensinya, variabel kelembagaan masyarakat yang bersifat struktural di pedesaan kurang diperhatikan dalam menentukan kebijakan ekonomi pertanian. Padahal kelembagaan yang ada di pedesaan sangat menentukan keberhasilan suatu pembangunan pertanian dan menumbuhkan perekonomian daerah.
Sektor pertanian mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Peranan tersebut antara lain, meningkatkan devisa negara, penyediaan lapangan kerja, meningkatkan daya saing, sebagai pemenuhan kebutuhan dalam negeri, sebagai bahan baku industri dalam negeri serta pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya kontribusi sektor pertanian di saat Indonesia mengalami krisis ekonomi pada tahun 1997-1998. Satu-satunya sektor yang menjadi penyelamat saat itu adalah sektor pertanian.




Pertanian merupakan bidang yang sangat penting di negeri ini. Keberadaan pertanian sangat membantu meningkatkan perekonomian daerah bahkan negara. Hampir rata-rata penduduk Indonesia mengkonsumsi beras sebagai pemenuhan karbohidrat dan sebagai bahan makanan pokok. Tentu saja ini semua didapat dari hasil pertanian. Tidak hanya itu, bahan makanan lain seperti sayuran dan buah-buahan adalah hasil dari pertanian juga. Boleh dikatakan kita sangat bergantung dengan pertanian. Sehingga pertanian menjadi bidang yang sangat penting dan tidak boleh dianggap remeh.
Adanya agribisnis dalam pertanian sangat membantu untuk menaikkan eksistensi pertanian di kalangan masyarakat. Agribisnis dapat menjadi solusi yang pas untuk meningkatkan produktifitas dalam kegiatan pertanian. Di sisi lain agribisnis juga dapat meningkatkan kualitas dari hasil pertanian, perbaikan teknologi yang sejalan dengan pertanian dan juga dapat menyerap tenaga kerja dalam sektor pertanian. Dari hal tersebut tidak perlu diragukan lagi kalau agribisnis dapat menyokong pembangunan pertanian serta meningkatkan perekonomian negara.
Perlunya agribisnis dalam pembangunan pertanian harus kita akui. Sudah jelas bahwa agribisnis dapat menjadi tolok ukur bagi keberhasilan pembangunan pertanian. Ilmu agribisnis mengajarkan kita untuk menjadi pebisnis dalam bidang pertanian dengan mengandalkan inovasi-inovasi yang dapat merubah pola kegiatan bertani menjadi lebih gampang dan lebih menguntungkan. Dengan adanya agribisnis maka upaya-upaya kita untuk membangun pertanian akan lebih mudah.
Pembangunan pertanian harus terus dilakukan untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Upaya demi upaya harus dilakukan sebagai langkah menuju keberhasilan dalam pembangunan pertanian. Agribisnis dapat menjadi bidang yang mampu menunjang prestasi di bidang pertanian. Apapun ceritanya pertanian di negeri ini harus dapat di tingkatkan. Bukan hanya untuk meningkatkan pendapatan daerah atau perekonomian negara tapi juga untuk mensejahterakan kehidupan para petani.
Banyak di kalangan petani yang tidak mengerti terhadap pemasaran hasil pertaniannya. Mereka hanya mampu menjual dengan pedagang pengumpul atau agen setempat. Dan mau tak mau mereka harus menerima penghasilan yang rendah. Karena agen lah yang membuat kebijakan harga. Namun setelah sampai di pasar harga itu naik menjulang. Rasanya tidak sesuai dengan harga yang sebelumnya. Hal ini terjadi karena kurangnya informasi pasar yang diterima petani. Dan juga tidak adanya keberanian mereka untuk memasarkan hasil pertaniannya sendiri. Mungkin inilah yang menjadi dilema. Akibatnya kehidupan petani di negeri ini sangat miris. Tak sepantasnya itu yang mereka dapat melainkan kemakmuran dan kesejahteraan.
Mungkin agribisnis dapat menjadi jawaban bagi pertanian saat ini. Dimana, melalui agribisnis mereka dapat menemukan inovasi-inovasi yang dapat membantu kegiatan pertanian mereka. Serta memperkenalkan teknologi yang sejalan dengan pertanian. Agribisnis juga dapat membuka wawasan mereka untuk dapat mengembangkan hasil dari pertaniannya. Sehingga ketika panen mereka dapat mengolah hasil pertaniannya dalam bentuk lain. Dalam artian mereka mampu membuat produk sendiri dari hasil pertaniannya. Sehingga pada nantinya mereka akan mendapatkan keuntungan yang lebih dari sebelumnya. Hal ini tentu saja dapat membantu perekonomian rakyat, khususnya petani. Dengan munculnya inovasi atau pengembangan dari hasil pertanian juga dapat membuka lapangan pekerjaan. Karena jika keluarga petani akan mengembangkan hasil pertaniannya menjadi suatu produk pasti mereka membutuhkan tenaga kerja untuk menciptakan suatu produk. Walaupun terkadang mereka masih memperkerjakan tetangga ataupun saudaranya paling tidak itu sudah membantu perekonomian rakyat.



Pelajaran Agribisnis
Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang bahkan Malaysia yang secara tradisional menguasai agribisnis internasional, di masa yang akan datang akan menguasai agroindustri, walaupun di satu sisi akan menghadapi masalah yakni kesulitan untuk mengembangkan agribisnis karena kesulitan dalam hal lahan pertanian. Negara-negara maju dari masa yang lalu sudah melihat bagaimana potensi pertanian dalam perekonomian mereka. Kemampuan untuk menyediakan produk yang berkembang sangat menentukan keunggulan bersaing di pasar internasional. Negara-negara seperti Australia, Selandia Baru mampu bersaing di pasar internasional disebabkan kemampuan negara tersebut dalam menjual apa yang diinginkan konsumen bukan menjual apa yang dihasilkan.
Di berbagai universitas studi agribisnis sedang digalakkan. Agribisnis menjadi jurusan favorit saat ini di fakultas pertanian. Sudah saatnya studi agribisnis yang ada dalam negeri lebih ditingkatkan untuk bekal di masa yang akan datang. Karena tantangan bagi kita saat ini adalah bersaing untuk meningkatkan kualitas produk serta memenuhi kebutuhan konsumen secara keseluruhan. Maka peningkatan mutu pembelajaran jurusan agribisnis harus lebih diperhatikan.
Mengingat persaingan yang sangat ketat dalam pasar dunia terutama komoditi barang pertanian, kita dituntut untuk memahami kondisi pasar yang saat ini terjadi. Sehingga studi mengenai agribisnis menjadi sasaran kita untuk menghadapinya. Begitu pentingnya agribisnis ini untuk dipelajari dan di dalami oleh mahasiswa pertanian. Sudah saatnya mahasiswa pertanian khususnya jurusan agribisnis memahami betul tentang konsep agribisnis dan pengembangannya. Dapat dikatakan pemikiran dari kalangan mahasiswa dapat membantu negeri ini dalam bersaing di pentas internasional. ***
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment