#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Pinsaka Tarunabumi Ranting Patimpeng, Ikuti Malam Apresiasi 60 Tahun Gerakan Pramuka

DIOLUHTAN-suluhtani. Malam Apresiasi 60 Tahun Gerakan Pramuka akhirnya digelar sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Pramuka ke-60 tingkat nasional yang dipusatkan di Yogyakarta, Sabtu (21/08/2021). Acara yang digelar pertama kalinya ini sebagai wujud penghargaan dan apresiasi atas dedikasi, sumbangsih, dan keterlibatan lembaga, jajaran kwartir se-Indonesia, serta tokoh pramuka atas dedikasinya dalam mendukung kegiatan-kegiatan Gerakan Pramuka.



Malam Apresiasi 60 Tahun Gerakan Pramuka diselenggarakan secara virtual, kerjasama antara Kwartir Nasional dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) dihadiri oleh peserta melalui Zoom Youtube, termasuk Ketua dan Sekretaris Pimpinan Saka (satuan karya) Tarunabumi ranting Patimpeng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. 

Dalam kegiatan malam apresiasi tersebut, Gerakan Pramuka secara khusus juga memberikan apresiasi pada berbagai kegiatan kemanusiaan, dukungan dari berbagai aspek, dan pengabdian masyarakat baik dalam masa pandemi COVID-19 ini maupun sebelum pandemi, serta perhatian khusus dari beberapa tokoh. Terdapat sedikitnya 145 penghargaan baik kepada lembaga sebagai mitra Gerakan Pramuka, Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Perseorangan, serta tiga tokoh istimewa yaitu Kak Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kak Drs. M. Masduki, M.Si., dan Alm. Kak Mayjend TNI (Purn) Teuku Djohan.




Ketua Pinsaka Tarunabumi ranting Patimpeng, Kak Andi Elya Azis, SPt mengikuti Kegiatan Malam Apresiasi 60 Tahun secara Virtual di Desa Masago, Kec. Patimpeng, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

Ketua Kwartir Nasional Kak Budi Waseso melalui sambutannya pada Malam Apresiasi 60 Tahun Gerakan Pramuka ini, menyampaikan ungkapan rasa terimakasihnya yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu Gerakan Pramuka dalam menjalankan fungsi dan tugasnya. Beliau mengungkapkan bahwa Pramuka Indonesia harus optimis melihat masa depan. Terus membangun harapan tentang kejayaan Indonesia. Harapan yang telah muncul dalam benak para pendahulu kita yang dengan rela mengorbankan jiwa raga. “Saya percaya dengan dukungan serta kerja sama berbagai pihak, Gerakan Pramuka akan dapat memenuhi harapan-harapan tersebut,” tegasnya.

Lanjut, Kak Budi Waseso bahwa sebagai bangsa yang tangguh, kita harus tetap bersemangat dan pantang menyerah untuk mencapai masa depan yang lebih cerah. Selain itu, pihaknya berharap semoga ke depan kerja sama dengan berbagai pihak semakin menunjukkan hasil yang lebih optimal, utamanya dalam pembinaan dan pendidikan bagi Gerakan Pramuka.



Kegiatan yang dipusatkan dari Studio Kwarda Gerakan Pramuka D.I Yogyakarta ini diawali dengan video penampilan Tari Nir Corona, sebuah tarian yang mengajak kita semua untuk selalu menaati protokol kesehatan, salah satunya dengan cuci tangan. Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Kwarda DIY Kak GKR Mangkubumi selaku tuan rumah dan sambutan Ketua Kwartir Nasional Kak Budi Waseso yang mengajak untuk terus bersemangat dalam mengembangkan Gerakan Pramuka.

Beberapa video juga disajikan dalam malam apresiasi ini, antara lain prosesi Nitik Siti atau penandaan lokasi rencana pembangunan Museum Pramuka Indonesia di Yogyakarta. Lalu pemberian apresiasi kepada para mitra Gerakan Pramuka, Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Perseorangan, yang telah memberikan sumbangsih dan dukungannya kepada Gerakan Pramuka disajikan pula dalam bentuk video. Kemudian video terdapat video kolase seluruh Ketua Kwarda di Indonesia menyanyikan lagu berjudul Kebyar-Kebyar. Video ini mencerminkan semangat dari seluruh Kwarda di Indonesia untuk selalu bersatu dan bersinergi.






Malam Apresiasi diakhiri dengan video puncak yang menyajikan 60 detik hening cipta atas segala bencana yang terjadi serta para anggota pramuka yang telah mendahului kita, 60 detik tepuk pramuka, dan 60 detik penyemangat bagi seluruh pramuka.

Ketua Pimpinan saka Tarunabumi ranting Patimpeng, Kwarcab Bone, Kwarda Sulsel,  Kak Andi Elya Azis, SPt sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan Malam Apresiasi 60 Tahun Gerakan Pramuka, dirinya mengikuti acara ini bersama Sekretaris Pinsaka, Kak Yusran A. Yahya NS, SPt, MSi yang juga Purna Ketua Pinsaka Tarunabumi periode 2014-2019. “Dalam suasana Malam Apresiasi 60 tahun Gerakan Pramuka, mari untuk terus senantiasa semangat untuk terus berbenah diri, berkarya, membangun kebersamaan, dan tentunya menjadi elemen praja muda yang selalu siap sedia membangun keutuhan dan membantu memulihkan negara kita Republik Indonesia ujar Kak Elya.







Kak Yusran A. Yahya, Sekretaris Pinsaka ranting Patimpeng, Bone-Sulsel

Beragam warna suasana tentunya sudah memberikan banyak arti untuk kita semua., tetapi bagaimana kita berbuat untuk menyiapkan generasi bangsa yang berkarakter, berani dan berjiwa besar, sehingga dapat diandalkan dan diharapkan menjadi orang yang memiliki makna dan arti bagi bangsa dan negara, serta memberikan pengaruh yang positif bagi lingkungan sekitarnya. “Dengan melihat sejarah panjang Pramuka, kita bisa merenungkan bersama akan perjalanan perjuangan dan pengabdian kita, maka pada kesempatan yang baik ini marilah kita semua sebagai Pandu Indonesia membulatkan tekad, mengorbankan semangat untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian itu demi tercapainya tujuan bangsa, yakni masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasilaungkap Kak Elya

Ditempat yang sama, Kak Yusran A. Yahya berharap bahwa Pramuka terus berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional. Hal tersebut sejalan dan sebangun dengan semangat pendidikan kepramukaan itu sendiri. Pramuka, dididik untuk menjadi tangguh, mempunyai semangat pantang menyerah, untuk bersama-sama maju kedepan, menuju masa depan yang lebih baik. “Semangat untuk terus Berbakti Tanpa Henti yang menjadi slogan dalam peringatan Hari Pramuka ke-60, mengajak pramuka seluruh Indonesia juga berperan dalam pengabdian masyarakat, serta mewujudkan bersama-sama Gerakan Pulih Indonesia” kutip Kak Yusran.

Y.A. Yahya (Penyuluh Dinas PKH Kab. Bone)

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment