Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Lima Peran Kostratani sebagai Gerakan Partisipasi Masyarakat dan Mobilisasi Penyuluh Pertanian

DIOLUHTAN-suluhtani. Derap langkah membangun pertanian kembali menggelora semenjak pemerintah mencanangkan Komando Stategi Pembangunan Pertanian (KOSTRATANI). Dibawah komando Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), kegairahan aparat di tingkat Pusat dan daerah, terutana para Penyuluh Pertanian mulai hidup kembali seakan ada secercah cahaya terang dalam menggerakan partisipasi petani, baik sebagai pelaku utama maupun sebagai pelaku usaha.

Ditahun-tahun awal penyelenggaraan Kostratani merupakan Pra Kondisi, terutama melalui kegiatan sosialisasi dan penyiapan inprastuktur Kostratani. Ditingkat pusat dibangun Agricultural War Room (AWR) dan di tingkat kecamatan fasilitas kerja Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) kian dilengkapi, termasuk pengadaan komputer dan peralatan lainnya yang mendukung kinerja Penyuluh Pertanian. Setiap Unit Eselon I lingkup Kementan pun bergerak sigap menopang dalam menyukseskan Kostratani.

(Foto: Buku Kostratani, 2021)

Walaupun ditahun awal tersebut merupakan tahun Pra Kondisi Kostratani ditambah lagi pandemi Covid-19, namun gelora dan getaran Kostratani sudah terasa di pelosok perdesaan, terutama di BPP sebagai lembaga terdepan Kostratani. Harapan besar pada tahun-tahun selanjutnya, Kostratani semakin menggelora, terutama dalam menggerakan partisipasi petani dengan memobilisasi penyuluh pertanian.

Dalam pergerakannya, Kostratani mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran BPP dengan menyelaraskan kemajuan era industrialisasi 4.0. Kostratani berpusat di Kecamatan, karena pembangunan pertanian dilakukan dari lapangan (desa hingga kecamatan).

Kostratani memainkan lima peran strategis yaitu, sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, pusat pengembangan jejaring kemitraan. Sebagai pusat data dan informasi bagi masyarakat, BPP Kostratani dapat memberikan informasi tentang potensi wilayah, teknologi pertanian juga informasi pasar.

Kostratani sebagai pusat gerakan pembangunan pertanian, melaksanakan kegiatan unggulan Kementerian Pertanian seperti Propaktani, Gedor Horti, Gratieks, Korporasi Petani dan lain sebagainya. Sasarannya adalah kelompok tani, Gapoktan, Kelompok Wanita Tani, Petani Millenial dan Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP).

Foto Slide Materi Kepala Badan PPSDMP Kementan RI, 2021

Sebagai pusat pembelajaran, BPP Kostratani diperuntukkan bagi penyuluh, petani dan Gapoktan hingga KWT dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan sumber daya manusia pertanian.

Sebagai pusat konsultasi agribisnis, BPP Kostratani dapat berperan sebagai sekretariat konsultasi agribisnis untuk petani hingga swasta untuk meningkatkan usaha pertanian menjadi skala bisnis. Begitu juga peranan BPP Kostratani sebagai pusat pengembangan jejaring kerjasama. Brigade Kostratani akan memberikan akses dan informasi, sehingga bisa terbentuk kerjasama dalam bidang pertanian. Mulai dari akses permodalan hingga kerjasama bisnis lainnya yang tentu membutuhkan jejaring kerjasama agar semakin berkembang dalam skala bisnis.

Tak hanya memantau, pimpinan daerah (Camat, Bupati/Walikota hingga Gubernur) diharapkan membantu pelaku pertanian di perdesaan seperti penyuluh pertanian, pejabat fungsional lainnya, petani, dan pelaku usaha pertanian untuk berperan aktif dalam pembangunan pertanian.

Selain itu, pemimpin daerah diharapkan dapat membantu mengaktifkan peran pemimpin nonformal seperti KTNA, kelembagaan petani, tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk memotivasi insan pertanian agar terus berproduksi menuju swasembada pangan berkelanjutan.

Foto: www.pertanian.go.id

Tak kalah pentingnya, Kostratani juga berperan untuk peningkatan sinergitas pelaku dan program pertanian dengan Kementerian dan Lembaga lainnya. Serta, peningkatan jejaring kerja Kostratani dengan instansi pemerintah lainnya dan swasta di daerah.

Semoga dengan penyuluhan singkat mengenai peran kostratani dapat menambah pengetahuan penyuluh dan petani serta stake holder lainnya agar semakin bersinergi dalam meningkatkan pembangunan pertanian di Indonesia.

Yusran A. Yahya NS (Sumber: Buku Kostratani, Gerakan Partisipasi Masyarakat dan Mobilisasi Penyuluh Pertanian 2021)


Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment