#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Pelatihan Start-Up Petani Muda, Program YESS di BPP Patimpeng

DIOLUHTAN-suluhtani. Kembali, Kementerian Pertanian RI melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia  Pertanian (BPPSDMP) Kementan RI saat ini melaksanakan Program peningkatan kapasitas petani muda milenial melalui Program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS).

Pelatihan program YESS ini adalah yang ketiga kalinya dilaksanakan di BDSP-BPP Patimpeng. Beberapa hari yang lalu pelatihan YESS ini telah melatih 60 pemuda tani dalam peningkatan kapasitas pembuatan proposal bisnis pertanian. Pada hari ini (Selasa, 03/08/2021) sebanyak 30 petani muda lainnya akan dilatih dengan tema pelatihan Start-Up. 30 anak muda ini kesemuanya berasal dari 10 Desa yang ada di Kecamatan Patimpeng.


Sambutan Camat Patimpeng, A. Yunan Helmi, sekaligus membuka Pelatihan Start-Up, Program YESS di Kecamatan Patimpeng (Selasa, 03/08/2021)

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Camat Patimpeng, Andi Yunan Helmi. Hadir dalam pembukaan ini Koordinator Penyuluh Pertanian (Korluh) BPP Patimpeng, Penyuluh Pertanian Dinas Peternakan dan Keswan Kab. Bone, perwakilan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa dan seluruh penyuluh pertanian lingkup BPP Patimpeng. “Saat ini, generasi dua pertanian atau petani milenial adalah penentu kemajuan pembangunan pertanian di masa depan. Tongkat estafet pembangunan pertanian ada pada pundak generasi muda, sehingga sudah saatnya pertanian dikelola generasi milenial yang diharapkan dapat memaksimalkan kreativitas dan inovasinya, agar pertanian ke depan menjadi modern. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam keluarga dan desanya, tetapi juga berorientasi bisnis antar provinsi, antar pulau bahkan ekspor,” papar Yunan.


Sambutan oleh Koordinator Penyuluh Pertanian (Korluh) BPP Patimpeng, Andi Elya Azis, SPt

Korluh BPP Patimpeng sekaligus BDSP, Andi Elya Azis menegaskan dalam sambutannya bahwa peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) anak muda menjadi bagian yang paling utama. “Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih dengan program peningkatan SDM melalui program YESS ini, agar regenerasi pertanian dapat berlajut, dan jiwa wirausaha dapat terwujud sehingga dapat menjadi sumber penghasilan dan pemenuhan kebutuhan pangan bagi warga kecamatan dan seluruh rakyat Indonesia”, ungkapnya.


Pada pelatihan ini, difokuskan untuk mengembangkan kapasitas generasi muda untuk terlibat dalam sektor pertanian, baik melalui lahan profesi pertanian maupun kewirausahaan pertanian sehingga terwujud regenerasi pertanian, meningkatnya kompetensi sumberdaya manusia dari pedesaan, meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian. Sehingga pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan, dan dapat menurunkan angka pengangguran. “Sehingga dengan adanya kegiatan ini, semoga bisa menjadi memontum untuk kemajuan generasi millenial untuk berwirausaha di sektor pertanian.” Ujar Elya.

Foto bersama Camat Patimpeng, Polbangtan Gowa, Korluh BPP Patimpeng, Penyuluh Pertanian Dinas PKH Kab. Bone dengan para peserta YESS Programme.

Kegiatan pelatihan Start-Up, YESS Programme di BPP Patimpeng ini berlangsung selama 2 (hari) dan kegiatan serupa juga dilaksanakn di BPP dan P4S lainnya di Kabupaten Bone. Pelaksanakan kegiatan ini tetap menggunakan protokol kesehatan Covid-19.

Y.A.Yahya (Penyuluh Pertanian Sulsel)

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment