#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Semarak HUT RI, Disnak Bone Gelar Lomba Lempar Gelang Bebek


Salahsatu Peserta melakukan Lemparan ke arah Bebek

DIOLUHTAN-suluhtani. Dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Dinas Peternakan Kabupaten Bone kembali menggelar perlombaan ketangkasan bernuansa peternakan. Setelah peringatan HUT RI sebelumnya sukses menggelar lomba Makan Telur Rebus, kali ini kembali sukses menyelenggarakan lomba lempar gelang bebek di halaman Kantor Mapolsek Tanete Riattang yang memang bertetangga dengan kantor Dinas Peternakan Kab. Bone (Sabtu, 17/8/2019).
Kegiatan yang “Kick-off” dimulai Jam 10.30 WITA tersebut dibuka bersama oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kapolsek Taneteriattang. Kegiatan lomba ini berhadiah produk hasil peternakan yaitu telur dengan hadiah utama Televisi 20 inch.
Kepala Dinas Peternakan Kab. Bone saat memberikan Arahan dan Sambutan didampingi Kapolsek Tanete Riattang (Jum'at, 17/08/2019)

Permainan lempar gelang bukan hal baru bagi Dinas Peternakan, di event pameran yang diikuti Disnak Bone kadang menampilkan lomba/permainan ini untuk sekedar hiburan bagi pengunjung pameran, jika berhasil memasukkan gelang pada leher bebek/angsa, maka pengunjung akan membawa pulang hadiah telur.

Pelemparan Gelang secara Simbolis

Hal yang sama juga diterapkan pada lomba ini, dengan menggunakan bebek/angsa hidup sebagai target gelang tersebut. Siapapun yang berhasil memasukkan satu gelang ke dalam leher seekor angsa berhak membawa pulang 5 butir telur ayam ras. Peserta diberi kesempatan memasukkan gelang 5 kali, khusus bebek dengan pita merah, jika gelangnya masuk akan memperoleh 10 butir telur. “Peserta berpeluang membawa pulang 30 butir telur jika berhasil memasukkan semua gelang yang diberikan plus ke bebek yang berpita merah, ditambah 1 buah TV jika meraih juara I” ujar Mansur. SP, penyuluh pertanian Disnak Bone mewakili panitia pelaksana.


Peserta sangat membludak, tercatat oleh panitia sebanyak 187 peserta terdiri dari masyarakat umum, pelajar, tukang becak, petani, PNS, Polri bahkan IRT dan anak-anak juga berkesempatan ikut ambil bagian dalam lomba ini.

Baca Pula: Pria Asal Massumpu, Raih TV 20 inch
Setelah semua peserta selesai mengikuti lomba ketangkasan ini. Panitia pun menyeleksi peserta yang memasukkan terbanyak untuk masuk ke babak final memperebutkan hadiah TV 20 inch. Dan akhirnya di babak Final, Kasmiding (43) asal Masumpu, Kec. Tanete Riattang berhasil memenangkan lomba ini. Untuk Juara II memperoleh 5 rak telur dan Juara III mendapat 3 rak telur.
Kasmiding berhasil meraih hadiah Utama yang diserahkan Kadis Peternakan Kab. Bone


Sementara Kepala Dinas Peternakan, drh. H. Aris Handono mengungkapkan, bahwa selain untuk menyemarakkan HUT RI kali ini, pihaknya mengakui perlombaan ini sangat bermanfaat sebagai ajang silaturahim antara masyarakat dan ASN-Polri. “Semoga dengan kegiatan ini dapat menghibur masyarakat, serta animo untuk beternak juga meningkat” ungkap Aris.
Registrasi Peserta Lomba Lempar Gelang Bebek Berhadiah



Arahan Panitia Lomba









Ditempat berbeda, Dinas Peternakan juga memperoleh penghargaan pada kegiatan”Bone Festival Inovasi 2019″. Disnak Bone berhasil menyabet Juara III dalam kategori Inovasi Pelayanan Publik, sehingga Disnak memperoleh piagam penghargaan dan hadiah uang yang diserahkan langsung oleh Bupati Bone saat acara penurunan Bendera di lapangan Merdeka, Watampone. 
Source dan foto: Y.A.Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment