Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Tips Hindari "Microsleep" bagi Para Penyuluh Pertanian Lapangan dalam Berkendara


DIOLUHTAN.suluhtani. Sekedar mengingatkan bagi para petugas pertanian, penyuluh pertanian dan juga masyarakat umum yang akan berkendara menuju lokasi/wilayah kerja penyuluhan apalagi jika berkendaraan sendirian.
Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai "MICROSLEEP" yang sering terjadi saat kita berkendara.
Pernahkah anda mengalami situasi di mana anda sedang berkendara tiba-tiba terlelap?
Hanya seketika. Hanya beberapa detik.

Truk yang pada mulanya masih jauh jaraknya tiba tiba berada di depan mata.
Microsleep adalah keadaan dimana badan 'tidur' sesaat. Segala input dari indera penglihatan dan pendengaran tidak dapat diproses otak. Durasi microsleep adalah antara 1 hingga 30 detik. Hal ini bisa terjadi walaupun mata masih terbuka. Seperti sebuah komputer, otak telah "shut down".
Pada kecepatan 70 km/jam, microsleep selama 3 detik menyebabkan kenderaan menyusur tanpa kendali sejauh 200 meter. Dalam jarak 200 meter, nyawa bisa melayang dalam sekejap mata. Bayangkan apa yang terjadi apabila kenderaan berada pada kecepatan 100 km/jam.
Seringkali pengemudi menganggap dia kebal. "Kecelakaan hanya terjadi kepada orang lain. Aku pandai bawa mobil dan Kondisi mobil pun bagus."
Keinginan untuk bersama keluarga tersayang yang terpisah buat sekian lama dijadikan motivasi untuk terus berkendara walaupun sudah terlalu mengantuk.
Ada juga yang berpendapat jika kenderaan dipacu kencang, akan mengantuk akan berkurang, akibat ada hormon 'adrenaline' yang meningkatkan upaya 'fight or flight'. (Fight or flight adalah sitiuasi dimana badan bersedia untuk menghadapi keadaan yang memberhayakan diri: lawan atau lari ). Adapula sebahagian orang berpendapat jalan yang berliku seperti kelok 44 dianggap bisa menghilangkan rasa kantuk karena pengendara lebih fokus pada belokannya.
Dua fakta di atas hanya mengundang bahaya.
Kesan 'fight or flight' hanya seketika saja. Sistem badan akan 'burn out' dan akhirnya bisa menyebabkan microsleep yang lebih lama.
Jadi, apa yang harus dilakukan?
- BERHENTI.
- PARKIR MOBIL DI TEMPAT YANG AMAN
- TIDUR.
Tak perlu tidur lama. Lima menit cukup.
Ulang setiap kali anda mula berasa mengantuk. Berhenti beristirahat setiap dua jam untuk berkendara jarak jauh.
Untuk penumpang yang duduk disamping Pak Sopir, jadilah co-driver yang baik. Cuba lakukan beberapa hal ini :
- Ajak pengendara berbincang, utk mengurangi rasa bosan.
- Perhatikan cara berkendara. Jika sudah mulai tidak ikut mengikut lajur, tegur Pak Sopir.. 
- Sekali sekali lihat instrumen di dashboard, Apakah berkendara terlalu cepat? Apakah ada lampu  lampu peringatan yang menyala? Jika ada, tegur.
Berhati-hatilah di jalan raya maupun jalan lainnya.
Jangan jadikan diri dan keluarga anda bahagian daripada statistik kecelakaan.


Editor : Y.A.Yahya
Sumber (artikel, foto, video) : FB-R.Razi

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment