Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Perkuat Kerjasama Bidang Pertanian, Indonesia dan Rusia Bahas Kerjasama

DIOLUHTAN.suluhtani. Jakarta. Menteri Pertanian RI. Dr. Ir. H.A. Amran Sulaiman, MP menerima kunjungan kerja Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mrs. L. Yudmila.G.Vorobiva, Jumat (8/6/2018). Pertemuan ini membahas kerja sama kedua negara guna memajukan industri pertanian nasional dan meningkatkan kesejahteraan petani. "Kita tahu kita impor gandum dari Rusia, tapi kita juga ekspor palm oil (sawit), karet, kakao dan beberapa produk pertanian lain ke Rusia." sebut Mentan Amran.
Menteri Pertanian RI menerima kunjungan kerja Duta Besar Rusia untuk Indonesia

Amran Sulaiman menjelaskan bahwa masalah sawit menjadi perhatian serius, karena selama ini masyarakat Uni European Country kerap melakukan black campaign (kampanye negatif). Rusia sebagai salah satu negara mitra di Eropa, sangat optimis dengan pertanian Indonesia dan saling membutuhkan kerja samanya khususnya untuk melakukan counter act terhadap palm oil Indonesia. "Kami minta Rusia melakukan counter act sehubungan palm oil dari Indonesia, sebagaimana mereka tidak pernah melakukannya. Dan mereka setuju,” ujarnya
Menteri Amran berharap pendekatannya jangan hanya environtment, tetapi juga community wealth (kesejahteraan masyarakat komunitas petani sawit-red). Terdapat 30 juta orang yang tergantung pada sawit, jika dilakukan black campaign di negara-negara Eropa, otomatis bisa harga CPO (minyak sawit) turun. “Dan ini secara tidak langsung akan berdampak pada kerusakan lingkungan. Masyarakat bisa pindah membabat hutan karena sawit yang biasa dijualnya turun,” ucapnya.
Lebih lanjut Amran mengatakan pemimpin-pemimpin negara Eropa sudah mengerti mengenai hal ini, di antaranya setelah melakukan pertemuan dengan Menteri Pertanian Jerman, Spanyol, Denmark dan kini Rusia. "Amran mengharapkan masyarakt sekitar hutan dan perkebunan sawit juga menjadi perhatian negara-negara Eropa. Ini orang orang bener, petani sawit dan yang tinggal di sekitarnya,” ujar Menteri asal Sulsel ini.
Selain sawit, Amran menegaskan bentuk kerja sama dengan Rusia yakni juga mendorong agar Indonesia bisa mengekspor buah-buahan, di antaranya Mangga, Salak, dan lainnya. "Kita ingin buah-buahan juga mengikuti sukses jagung, bawang dan ayam yang sudah ekspor. Kita harus bela dan lindungi petani Indonesia." tambah Amran.
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mrs. L. Yudmila G. Vorobiva bersama Menteri Pertanian RI. Dr. Ir. H.A. Amran Sulaiman, MP

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mrs. L. Yudmila G. Vorobiva menyampaikan ucapan terimakasihnya dengan pertemuan yang sangat produktif hari ini. Rusia dan Indonesia adalah dua negara dengan hasil tani yang cukup besar sehingga sangat strategis utk melakukan kerjasama. "Rusia memilih Indonesia untuk minyak sawit dan produk keturunannya, karena Indonesia salah satu negara yang memproduksi minyak sawit paling banyak di dunia," jelas Yudmila.
Bukan hanya sawit, lanjutnya, Rusia juga impor karet, kopi, teh, kakao dan lainnya dari Indonesia. Rusia membuka diri sehingga meminta agar produk buah buahan Indonesia masuk ke pasar Rusia. “Tentu sesuai dengan syarat keamanan yg berlaku di Rusia," papar Dubes Rusia ini.
Editor : Y.A.Yahya
Source (artikel dan foto) : Fanspage FB Kementan RI

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment