Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Selamatkan Beruang Kelaparan di Kebun Binatang Bandung.

Mempetisi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar
DIOLUHTAN. Anda ingat dengan Yani seekor gajah Sumatera yang mati di Kebun Binatang Bandung (KBB) beberapa waktu lalu? Menjelang ajalnya, Yani dibiarkan sekarat dengan tidak mendapatkan penanganan medis yang memadai karena KBB tidak mempunyai seorang pun dokter hewan.
Kematian Yani menjadi contoh buruknya pengelolaan Kebun Binatang Bandung. Usai kasus kematian Yani, kita pun dikejutkan dengan sejumlah beruang yang terlihat kelaparan di dalam kandang yang kotor. Bahkan seekor beruang terlihat sangat kurus dan memakan fesesnya sendiri.
Relawan Scorpion berusaha membantu memberi makan beruang kelaparan dengan buah buahan serta meminta akses untuk melihat dan mengecek kondisi beruang tersebut -yang dikatakan KBB sedang berada di kandang perawatan. Namun, hingga saat ini permintaan akses tidak pernah dikabulkan. Hingga saat ini, kami tidak mengetahui bagaimana nasib beruang kurus yang memakan fesesnya sendiri tersebut.
Pada hari Minggu 8 Januari 2017, relawan scorpion kembali memantau Kebun Binatang Bandung dan menemukan kembali sejumlah beruang yang terlihat kelaparan. Beruang lapar terlihat seperti meminta makanan kepada sejumlah pengunjung yang sepertinya bebas melempar sesuatu kedalam kandang.
Apa yang terjadi pada beruang ini adalah pelanggaran terhadap standar minimum prinsip kesejahteraan satwa di lembaga konservasi, yaitu:
1. Bebas dari rasa lapar dan haus
2. Bebas dari ketidaknyamanan lingkungan
3. Bebas dari rasa sakit, luka dan penyakit
4. Bebas dari rasa takut dan tertekan
5. Bebas untuk mengekspresikan prilaku alami.
Hal ini juga bertentangan dengan pasal 1 angka 2 Peraturan Dirjen PHKA No. P 9/IV-SET/2011 yang menyatakan bahwa kesejahteraan satwa adalah Keberlangsungan hidup satwa yang perlu diperhatikan oleh pengelola agar satwa hidup sehat, cukup pakan, dapat mengekspresikan prilaku secara normal, serta tumbuh dan berkembang biak dengan baik dalam lingkungan yang aman dan nyaman.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya: Mohon Segera Selamatkan Beruang Kelaparan di Kebun Binatang Bandung
Silahkan klik  ➜  TANDA TANGANI PETISI 
Oleh Yayasan Scorpion Indonesia, Jakarta
Petisi ini akan dikirim ke:
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan : Siti Nurbaya Bakar
Dirjen Konservasi Sumber Daya alam dan Ekosistemnya
Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati


Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment