#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Tape Jerami, Makanan Bergizi untuk Sapi

DIOLUHTAN. Rumput merupakan bahan pakan penting bagi ternak. Namun dalam kondisi tertentu peternak tidak selalu bisa mendapatkan rumput sehingga mereka harus bersiasat agar tetap dapat memberi pakan ternaknya dengan pakan yang selalu siap tersedia, murah dan bergizi. Salah satunya adalah dengan membuat tape jerami. 
Teknologi sederhana ini bisa membuat kandungan protein jerami yang sebelumnya hanya sekitar 2-3 persen meningkat menjadi 7 persen. Selain itu, tape jerami juga lebih disukai dan mudah dicerna oleh ternak.

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, siapkan jerami padi dalam kondisi setengah kering, satu  botol bioaktivator (bisa menggunakan Petro Gladiator) yang berfungsi sebagai ragi, 500 gram gula Jawa atau gula aren, dan air sekitar 300-400 liter. Setelah itu siapkan tempat pengolahan, bisa berupa lubang di tanah atau terpal di tempat yang teduh dan kering, kemudian letakkan satu lapis jerami padi di atasnya dan diinjak-injak hingga padat. 

Langkah selanjutnya adalah menyemprotkan  larutan bioaktivator yang telah diencerkan dengan menambahkan gula dan air, lapis demi lapis. Jika jerami dalam kondisi masih basah, jumlah air yang ditambahkan tidak boleh terlalu banyak. Ulangi lagi prosedur di atas di setiap lapisan jerami. Setelah itu tutup bagian atasnya dengan jerami kering atau plastik hitam. Diamkan selama 7 hingga 10 hari, maka tape jerami siap diberikan pada ternak. Lezat, murah dan bergizi. 
Sumber : www.duniasapi.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment