Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

6 (Enam) Terobosan Mentan Amran Membangun Pertanian Berkelanjutan

Dalam upaya membangun pertanian berkelanjutan. Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman telah mengeluarkan enam terobosan.


Mentan Amran mulai 2015 membuat terobosan baru kebijakan. Pertama, membuat regulasi baru dan merevisi regulasi yang menghambat. Kedua, membangun infrastruktur besar-besaran 2,6 juta hektar irigasi tersier. Ketiga, memperbaiki atau optimasi lahan 932 ribu hektar. Empat, mekanisasi dengan bantuan 80.000 alat mesin pertanian (alsintan). Kelima, mendorong investasi dan hilirisasi. Keenam, tata niaga serta ketujuh, mengendalikan impor dan mendorong ekspor.
Kebijakaan dan program tidak berhenti di tahun 2015, namun terus dilanjutkan pada 2016 dan selanjutnya sesuai tahapan dan skala prioritas. Skala prioritas 2016 adalah mencetak sawah 200 ribu hektar, mekanisasi dengan lebih dari 100.000 unit alsintan, alih teknologi benih unggul padi 4,5 juta hektar, jagung 1,5 juta hektar dan kedelai 750 ribu hektar dan rehabilitasi irigasi tersier 467 ribu hektar serta impor 25 ribu sapi indukan. 
"Berbagai kebijakan dan pogram ini terbukti telah memberikan hasil nyata pada pembangunan pertanian. Hasilnya, pertama, program mempersenjatai petani dengan alsintan telah mampu menghemat biaya produksi, efisiensi tenaga kerja dan mengurangi lossis. Dampaknya produktivitas padi naik dari 5,14 ton/ha tahun 2014 menjadi 5,34 ton/ha tahun 2015. Produktivitas tenaga kerja juga meningkat seiring dengan mekanisasi pertanian," kata Amran dalam siaran persnya, Jumat (20/5/2016).
Kedua, memperbaiki unsur pendukung (supporting-system) dan manajemen cara membangun dengan cara penguatan kelembagaan petani, kapasitas SDM dan aparat, kualitas riset dan pemanfatannya, program dirancang secara sistemik dan massif dan setiap kegiatan dilaksanakan dengan output terukur. Selain itu, melalui pengawalan program ketat melibatkan semua unsur termasuk penegak hukum, pemantauan secara harian/mingguan, dan menerapkan system reward and punishment.
engan berbagai cara ini,  hasil yang diperoleh yaitu luas tanam meningkat, teknologi jajar legowo diterapkan, masalah di lapangan langsung diselesaikan, birokrasi transparan, bersih dan melayani petani dan pemalsuan pupuk diproses hokum serta penyelundupan dan impor illegal ditangkap atau dimusnahkan.
Ketiga, pada upaya tata kelola air irigasi, Mentan Amran memegang prinsip “tidak ada air berarti tidak ada kehidupan”. Upaya ini terbukti mampu mengatasi lahan mengalami kekeringan. Berdasarkan hasil kunjungan kerja lebih dari 300 kabupaten, dijumpai 3,35 juta ha lahan membutuhkan air.
Untuk menjamin tata kelola air agar terus mengurai kekeringan, Mentan membangun sinergisme dengan Menteri PUPR dan Menteri LHK serta menetapkan prioritas 2017-2019 revitalisasi irigasi dan sumber air. Hal ini ditempuh dengan cara membangun atau memperbaiki jaringan irigasi tersier dan pompanisasi 20 ribu unit/tahun untuk melayani air padasawah irigasi 4,76 juta ha. Selain itu, membangun pintu-pintu air di Kalimantan, drainase di lahan rawa lebak Sumatera. Mentan pun membangun embung di lahan tadah hujan, dam-parit, long-storage, sumur dangkal, sehingga mampu melayani sawah non irigasi  3,35 juta ha semula ditanami satu kali menjadi minimal dua kali (IP-200).
Tak heran, berkat terobosan baru Mentan dan didukung kerja keras semua pihak, terbukti terjadi peningkatan produksi pangan.  El Nino 2015 yang cenderung lebih kuat dari tahun 1997 juga tidak berpengaruh secara signifikan. Yang terjadi malah produksi padi petani meningkat dan tertinggi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Data BPS (Angka Sementara 2015), menyebutkan produksi 75,36 juta ton GKG naik 6,37 persen dibandingkan tahun 2014.
Sehingga, setelah sukses melewati El-nino 2015, kini sedang panen raya padi Maret-Mei 2016 dengan menghasilkan produksi 30,9 juta ton gabah kering giling setara 19,5 juta ton beras. Padahal kebutuhan konsumsi beras nasional selama tiga bulan hanya 7,98 juta ton. Hal ini menunjukkan terjadi surplus pasokan beras.
Peningkatan produksi dan produktivitas ini telah dinikmati petani manfaatnya. Ini terbukti dari Usaha pertanian semakin membaik berdasarkan data BPS bahwa NilaiTukar Usaha Pertanian (NTUP) nasional 2015 sebesar 107,44 naik 1,40 dibandingkan 2014 sebesar 106,04.
Di sisi lain, panen padi melimpah ini berdampak pada perekonomian keseluruhan. Kepala BPS, Suryamin (2/5/2016) pada April 2016 terjadi deflasi sebesar 0,45 persen.  Hebatnya, penyumbang terbesar deflasi ini adalah dari kelompok pangan yang mencapai angka 0,94 persen. Kelompok penyumpang berikutnya yakni perumahan dan kesehatan. Deflasi April ini paling tinggi dibandingkan beberapa tahun lalu sejak tahun 2000.
Keempat, memberi kemudahan investasi di sektor pertanian dengan cara merevisi regulasi terkait lahan, perijinan dan keringanan pajak. Hasilnya diperoleh komitmen investor dalam negeri dan asing. Yaitu investor pada 15 Pabrik Gula (PG) eksisting komitmen membuka lahan tebu seluas 300 ribu ha, investor 19 PG baru pada lahan 500 ribu ha dan  empat investor mengembangkan 500 ribu ha untuk jagung. Selain itu, sembilan investor pengembangan ternak di lahan 1 juta. Realisasi investasi tersebut saat ini adalah PG di Lamongan, PG di Dompu dan investasi ternak sapi di Sumba Timur sudah siap diresmikan pada bulan Juni 2016.
Kelima, melalukan penanganan tata niaga terkait rantai pasok yang panjang dan gejolak harga pangan. Ini  diatasi Mentan dengan resep bisnis yaitu “sedikit kali banyak”.  Maksudnya sedikit keuntungan dikalikan banyak pembeli dan bukan sebaliknya, sehingga 2016 dibangun minimal 1.000 Toko Tani Indonesia (TTI) dengan membeli langsung ke petani dengan harga wajar dan menjual langsung ke konsumen dengan harga lebih murah. Dengan demikian, dampaknya adalah rantai pasok menjadi lebih pendek. Petani mendapat jaminan pasar dan menikmati harga wajar, pedagang memperoleh normal profit dan konsumen tersenyum.
Keenam, mengeluarkan kebijakan pengendalian impor dengan cara importasi hanya dilakukan sesuai kebutuhan alias bukan keinginan. Kemudian, mendorong ekspor komoditas kelapa sawit, karet, kakao, kopi, sayur, buah-buahan dan lainnya telah menunjukkan hasil. Sehingga trend impor pangan seperti bawang merah, jagung dan lainnya menurun drastic dan ekspor pangan meningkat.
Dari berbagai capaian kebijakan dan program di atas, kebijakan dan program Kementan 2015 hingga 2019 sudah on the track mengawal proses transformasi struktural ekonomi. Hasil dari investasi infrastruktur seperti membangun irigasi, membangun embung, dam-parit, long-storage, cetak sawah, optimasi lahan, membuka kebun, maupun investasi yang bersifat soft-system, kualitas riset, perbaikan manajemen, revolusi mental aparat dan SDM, penguatan kelembagaan petani dan lainnya, tidak hanya berdampak jangka pendek. Yaitu peningkatan produksi dan pendapatan petani, tetapi juga memperkokoh pondasi pertanian jangka panjang.

Sebagai estafet pembangunan pertanian jangka panjang, kebijakan dan program Kementan 2015 hingga 2019 perlu dilanjutkan pada 2020 hinnga 2024 dengan skala prioritas dan tahapan sesuai perkembangan kedepan. Di antaranya fokus pada melanjutkan investasi infrastruktur, teknologi (riset), peningkatan kapasitas SDM dan pemantapan kelembagaan petani. SUMBER
Editor : Yusran A. Yahya
Foto : FP Kementrian Pertanian
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment