#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Pemerintah Harus Perhatikan Kendala di Pasca panen

DIOLUHTAN – Hilangnya hasil produksi petani yang terjadi selama proses pasca panen adalah sesuatu yang tidak boleh dikesampingkan. Pada saat ini Pemerintah hanya cenderung memperhatikan pada proses peningkatan produksi semata. Padahal jika dioptimalkan, maka nilai dari hasil panen dari petani dapat meningkat.

Direktur bidang Kajian Strategis, Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI), M. Arief. A Bisma menyebutkan bahwa pemerintah harus bergerak dalam menangani kendala petani di proses pasca panen. “Semua kebijakan pemerintah adalah untuk kesejahteraan petani, jika ditemukan ada yang hilang di pasca panen berarti pendapatan petani masih bias ditingkatkan” Tutur Arief di Jakarta.
Arief mengungkapkan, dukungan teknologi sangat dibutuhkan oleh petani. Termasuk salah satunya penanganan pasca panen. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan nilai rendemen dari hasil produksi petani. “Kalau hasil panen petani ditangani dengan baik, didukung teknologi yang baik, saya rasa itu akan sangat menguntungkan bagi petani” lugas Arief.
Produk hasil panen petani akan diperhadapkan dengan persaingan di pasaran. Apalagi saat ini telah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean dimana pasar sangat terbuka bagi Negara-negara lain. Produk petani harus tetap bertahan dalam persaingan tersebut, sehingga kesejahteraan petani dapat bertumbuh. “Pemerintah tidak boleh lepas tangan mencarikan solusi dari setiap masalah yang dihadapi petani” tegas Arief.
Menurut pria alumni Pascasarjana IPB ini pemerintah harus melakukan rekayasa kebijakan untuk menerapkan tekhnologi tepat guna di tengah petani. “Membangun koperasi sebagai sarana penyedia mesin giling yang baik misalnya” tutup M. Arief A Bisma.
http://mediatani.com/pemerintah-harus-perhatikan-kendala-di-paskapanen/
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment