#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Inilah 5 Negara Tertinggi Produsen Beras Dunia

DIOLUHTAN. Beras merupakan pangan pokok yang paling banyak dikonsumsi manusia di hampir seluruh negara di dunia. Namun produksi beras dunia hanya dikuasai beberapa negara saja. 
Berikut ini lima negara penghasil beras terbesar di dunia.
1. China. 
Produksi per tahun 206,5 juta ton, jumlah ekspor beras 0,4 juta ton, dan jumlah impor beras sebanyak 2,5 juta ton. Beras mulai dibudidayakan di China timur dan tenggara pada tahun 8000 SM. Lebih dari 90 persen beras China berasal dari sawah irigasi.
2. India. 
Produksi per tahun 153,8 juta ton, jumlah ekspor beras 11,5 juta ton, dan tidak mengimpor beras. Beras merupakan tanaman pangan paling penting di India. Produktivitas padi India pada tahun 2011 mencapai 2.372 kg per hektar. Kontribusi India dalam produksi beras dunia telah berada di kisaran 19,50-24,52 persen.
3. Indonesia. 
Produksi per tahun 70,8  juta ton, belum ekspor beras, dan mengimpor beras sebanyak1 juta ton. Indonesia adalah produsen beras terbesar ketiga di dunia dan juga salah satu konsumen beras terbesar di dunia. Area tanaman padi berkembang dari 11,4 juta ha pada 1995 menjadi 13,20 juta ha pada  2010, yang mewakili 24% dari total luas pertanian. Hasil padi meningkat sedikit dari 4,3 ton/ha pada  1995 menjadi 5,6 ton/ha pada  2014.
4. Bangladesh. 
Produksi per tahun 52,4  juta ton, tidak mengekspor beras, dan jumlah impor beras sebanyak 1,3 juta ton. Meskipun negara ini menghasilkan beras cukup untuk memberi makan penduduknya yang mencapai 160 juta jiwa, namun sering menghadapi kelangkaan bahan pangan akibat bencana alam. Untuk mengantisipiasi kelangkaan pangan, beberapa perusahaaan Bangladesh mengumumkan telah menyewa ribuan hektar lahan di Afrika.
5. Vietnam. 
Produksi per tahun 45 juta ton, jumlah ekspor beras 6,5 juta ton, dan tidak mengimpor beras. Vietnam kini menjadi produsen beras terbesar di Asia Tenggara. Jauh sebelumnya, Vietnam sempat belajar dari Indonesia, bahkan pernah meminjam beras pada Era Orde Baru. Sistem pertanian yang ditiru Vietnam dari Indonesia adalah sistem/program intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi pertanian. Dari ketiga cara itu, Vietnam lebih memfokuskan untuk terus mencetak sawah baru.
Sumber : kompas/referensi lainnya
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment