#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Tips Goreng Ikan Agar Minyak Tidak Meletup

Tips Goreng Ikan Tanpa Letupan Minyak / Foto:selerasa.com

DIOLUHTAN-suluhtani. Menggoreng ikan kurang lebih sama seperti menggoreng ayam. Di mana Anda membutuhkan banyak minyak sehingga kerap kali meletup dan terkadang menyakiti kulit. Letupan minyak ini juga bisa merugikan. Sebab, minyak yang terbuang akibat letupan sudah tidak bisa digunakan lagi dan membuat budget dapur bertambah.

Dihimbau kepada Anda untuk meminimalkan pengeluaran ini dengan cara menggoreng ikan tidak meletup. Adapun tips yang dikutip dari laman msn.com tentang metode/tips menggoreng ikan agar tidak meletup saat digoreng:

1. Ikan harus segar

Pastikan Bunda memasak ikan yang segar saja ya. Pasalnya, ikan yang kurang segar akan mudah rapuh ketika digoreng.

Agar menggoreng ikan lebih mudah, Bunda juga bisa menggunakan ikan yang berukuran lebih kecil dan tidak banyak lemak. Ikan minim lemak akan menghasilkan ikan goreng yang krispi di luar dan lembut di dalam.

2. Keringkan ikan lebih dulu

Salah satu penyebab minyak meletup adalah adanya kehadiran air dalam bahan yang digoreng. Maka itu pastikan ikan dalam kondisi kering.


Tips goreng ikan/ Foto: iStock

Bunda bisa mengeringkan ikan lebih dulu dengan dibungkus tisu lebih dulu. Tapi jika Bunda sudah terlanjur merendam ikan dengan bumbu, silakan ditiriskan lebih dulu ya sebelum menggorengnya.

3. Wajan harus dalam kondisi panas

Kebiasaan sebagian besar orang ketika memanaskan minyak adalah menuangkan minyak ketika wajan dalam keadaan dingin dan kemudian baru memanaskan minyak. Padahal cara ini akan memengaruhi hasil bahan makanan yang digoreng.

Agar ikan tidak lengket ketika digoreng, Bunda bisa memanaskan wajan terlebih dahulu sebelum menuang minyak. Lalu tunggu sebentar hingga minyak panas.

Selain itu suhu panas untuk menggoreng ikan juga harus tepat. Suhu minyak yang panas tinggi akan membuat ikan bertekstur renyah. Salah satu cara melihat apakah minyak sudah panas adalah dengan mencelupkan sendok kayu ke dalam minyak. Kalau muncul gelembung, berarti minyak sudah panas.

4. Jangan terlalu sering dibolak-balik

Salah satu faktor yang membuat bentuk ikan kurang bagus adalah jangan terlalu sering membolak-balik ikan. Sebelum satu bagian ikan kering sempurna, biasanya ikan akan hancur ketika dibalik karena teksturnya yang belum kokoh.

Demikianlah beberapa tips menggoreng ikan agar minyak tidak meletup saat digoreng. Semoga bermanfaat.

Foto: cookpad.com

Re-suluh/editor: Y.A.Yahya (Source: www.msn.com )

Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment