#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Tata Kelola Ketupat Agar Tidak Cepat Basi

DIOLUHTAN-suluhtani. Kita patut mengucapkan rasa syukur, Hari raya Idul Adha bagi kaum muslimin akan segera tiba, semoga semua kegiatan mulai penyelenggaraan shalat sampai kegiatan kurban berjalan dengan aman dan nyaman walau diterpa kondisi Pandemi Covid-19 yang belum berakhir.
Ketupat merupakan makanan khas di hari raya idul fitri maupun idul adha. Rasanya kurang lengkap merayakan lebaran idul adha tanpa adanya ketupat. Bentuknya yang unik dan rasanya yang khas menambah selera makan ketupat dengan teman-temannya, seperti rendang, sayur opor, sup ayam, lodeh, sambal goreng ati dan sup-sup lainnya untuk ketupat lainnya.

Namun sayangnya, makanan dari beras yang terbungkus daun kelapa atau daun pandan ini cepat sekali basi, kalau kamu salah dalam mengolah dan menyimpannya. Tentu anda tidak akan mau ketupatnya basi begitu saja tanpa anda santap semua sebelumnya, kali ini kami sedikit mengulas beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar ketupat tidak cepat basi.
Pastikan ayaman janur rapat
Ketupat cepat basi karena adanya bakteri yang mengontaminasi beras dalam janur. Oleh sebab itu, pastikan kulit ketupat yang akan kamu pakai sudah rapat anyamannya, jangan sampai ada celah.
Pilih Beras Terbaik
Kamu bebas memilih beras yang mau dijadikan ketupat, mau yang pulen atau yang pera, pastikan kualitas beras tersebut baik.
Disiram
Proses mengukus dalam pembuatan ketupat membuat ketupat lengket dan akhirnya mudah basi. Jadi pastikan setelah diangkat dari dandang kamu siram dengan air dingin untuk menghilangkan lengket itu.
Digantung
Kata-kata "digantung" seringkali memang tidak enak, seperti digantung pacar misalnya. Namun percayalah, dalam hal ketupat, penggantungan sangatlah perlu. Jadi agar tidak cepat basi, gantunglah ketupat. Pastikan kamu menggantungnya di tempat yang kering.
Demikianlah beberapa langkah yang bisa kamu kerjakan agar ketupat tidak basi. Selamat mencoba dan jangan lupa berdoa sebelum makan ketupat.

Re-suluh : Yusran Yahya
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment