#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Formula Nabati Cegah Parasit (Kutu) pada Unggas

DIOLUHTAN-Suluhtani. Termasuk dalam golongan penyakit parasit. Dapat menyerang ayam pada semua umur. Penyebabnya bermacam macam, kutu dengan mengigit dam memamah kulit, bulu atau yang lain, menghisap darah dan getah bening lymph.
Gejalanya adalah pada infeksi  yang berat berakibat turunya produksi, lesu dan kurang darah.
Pencegahan, rutin lakukan sanitasi, karena kandang wajib bersih, bebas dari tempat yang gelap dan bebas dari bagian kandang yang sulit untuk di bersihkan.
Pengendalian Parasit pada Ayam Serama

Pengobatan dengan Nicotin Sulfa mengecat tempat bertengger dan mengoles bulu. Penyemprotan dengan Malation 4-5% pada kandang dan 0,5% pada ayam.
Pada kutu (parasit) yang menyerang sisik-sisik kaki lakukan dengan merendam kaki ayam pada air hangat kemudian masukan dalam minyak tanah atau Lindane 0,5-1%
Sanitasi dan Desinfeksi Kandang Mutlak Dilakukan secara Rutin

Untuk formula nabati atau ramuan herbal tradisional, sebagai berikut:
  • Daun tembakau,
  • Serai/sere
  • Laos
  • Daun sirih
  • Brotowali (tampa’ lorong : Bugis)
Masing masing 0,5 kg kecuali daun tembakau 2 kg, rebus dengan air 15-20 liter hingga mendidih, dinginkan lalu tiriskan untuk menyemprot dinding kandang, lantai, tempat angreman, tempat pakan minum, dan kaki-kaki kandang termasuk kandangnya, kotoran dan ayamnya sekaligus, di semprot 2 hari berturut turut pagi sore, berhenti 5 hari lalu semprot lagi. Lakukan secara rutin karena dapat mencegah timbulnya penyakit-penyakit lain.
(Yusran A. Yahya)
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment