#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Pencegahan Covid-19 bagi penyuluh dan Petugas Lapangan Lainnya


DIOLUHTAN-suluhtani. Tingkat penyebaran Covid-19 semakin meluas. Kita harus menjaga diri agar tidak sampai tertular. Caranya, dengan menjaga perilaku hidup bersih dan sebisa mungkin beraktivitas di lingkungan anda (WFH) serta tetap mengikuti anjuran Pemerintah daerah (Pemda) masing-masing.
Bagaimana cara pencegahan Covid-19 bagi penyuluh dan petugas di lapangan agar tidak mudah terjangkit atau bahkan menyebar. Berikut uraian secara singkat. 
1. Persiapkan hand sanitizer di dekat mesin apsensi, kamar mandi, dan pintu utama kantor BPP
2. Bersihkan peralatan kantor seperti Keyboard PC, Laptop, Mouse, Meja, dan lain-lain dengan desinfektan secara rutin;
3. Bersihkan peralatan penyuluhan yang sering digunakan secara bersama: alat peraga, pengeras suara, test kit, sprayer, dan lain sebagainya dengan menggunakan desinfektan secara rutin 
4. Menjaga kebersihan area kerja di wilayah kantor BPP dengan melakukan gotong royong kebersihan sepekan sekali
5. Meminta rekan yang kurang sehat untuk Istirahat di rumah;
6. Secara proaktif menyampaikan informasi pencegahan Covid-19 melalui radio komunitas, cybex dan website lainnya serta media sosial untuk petani dan masyarakat luas 
Demikianlah, sedikit tips kepada teman-teman Penyuluh pertanian dan petugas lapangan lainnya. Dan sebagai tambahan, jika memakai masker, perhatikan hal-hal berikut: 1). Selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum memasang masker; 2) Selama memakai masker, jangan dilepas dan pasang kembali; 3) Jangan menyentuh masker yang Anda pakai. Kalau tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir; 4) Setelah terasa lembab/ basah, ganti yang baru. Buka masker dengan cara melepaskan talinya. Jangan memegang permukaan depan masker; 5) Segera buang ke tempat sampah tertutup; dan 6). Ingat, masker hanya untuk sekali pakai. Jangan pakai berkali-kali. Semoga bermanfaat, tetap sehat dan semangat.
Editor dan Re-Suluh: Yusran A. Yahya 

Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment