#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Makanan Kaya Zinc Ini Menambah Kekebalan Tubuh

DIOLUHTAN-suluhtani. Sama seperti nutrisi lainnya, zinc atau seng juga penting untuk menjaga kesehatan. Ini memainkan peran penting dalam aktivitas di dalam tubuh, yang meliputi penguatan sistem kekebalan tubuh, pembelahan sel, pertumbuhan sel, penyembuhan luka dan sintesis protein dan DNA. Meskipun itu adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk perkembangan normal tubuh, sejumlah besar orang di seluruh dunia ternyata menderita kekurangan seng.
Sesuai data resmi dari WHO, sekitar sepertiga populasi dunia tidak mengonsumsi seng dalam jumlah yang memadai. Salah satu alasan utama defisiensi Zinc seperti halnya protein, tubuh tidak dapat menyimpan nutrisi ini, jadi seseorang harus memenuhi kebutuhan zinknya secara teratur.
Menurut Institut Kesehatan Nasional Amerika, pria di atas 14 tahun harus mengonsumsi 11 mg seng setiap hari. Sedangkan wanita di atas 14 membutuhkan 8 mg. Bahkan bagi wanita hamil, asupan harian seng yang direkomendasikan adalah 11 mg dan untuk wanita menyusui, 12 mg.
Berikut adalah 6 makanan kaya zinc yang harus menjadi bagian dari diet :
1. Daging
Makanan hewani adalah sumber terbaik untuk seng. Daging merah, khususnya, adalah sumber nutrisi ini. 100 gram daging kambing mentah mengandung 4,8 mg seng
Daging Sapi (dok.suluhtani)
2. Kerang
Kerang rendah kalori dan kaya akan seng. Tiram memiliki kandungan seng tertinggi dibandingkan makanan lainnya. 50 gram Tiram mengandung 8,5 mg seng
Kerang (dok.suluhtani)
3. Ayam
Untuk mendapatkan opor yang lezat dan berkualitas, diperlukan daging ayam yang juga berkualitas baik. Ayam adalah sumber protein tanpa lemak yang bagus, yang berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan otot. Tetapi banyak dari kita tidak tahu bahwa itu juga kaya akan kandungan seng.
Daging Ayam (dok.suluhtani)
Makan ayam secara teratur baik untuk kesehatan tulang, jantung, dan kekebalan tubuh Anda. Ayam: 85 gram ayam mengandung 2,4 mg seng
4. Kacang Mete
Kacang mete adalah kacang yang paling populer dan terjangkau. Mereka mengandung zinc, Vitamin K, Vitamin A dan folat. 
Kacang Mente (dok.suluhtani)

Kacang ini merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang dapat membantu mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol di dalam jantung. 28 gram mete mengandung 1,6 mg seng.
5. Jamur
Jika ingin menambahkan seng dalam program diet, tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori masukkan jamur. Jamur rendah kalori dan mengandung dengan nutrisi penting seperti Vitamin A, C, E dan zat besi. 
Jamur (dok. rukita.co)
Bahan makanan ini mengandung sejumlah germanium, nutrisi yang jarang ditemukan pada beberapa sayuran yang membantu tubuh untuk memanfaatkan oksigen secara efektif. 210 gram jamur mengandung 1,2 mg seng
Untuk menjaga kesehatan, kandungan makanan mengandung zinc atau seng juga penting, karena memainkan peran penting dalam aktivitas di dalam tubuh, yang meliputi penguatan sistem kekebalan tubuh, pembelahan sel, pertumbuhan sel, penyembuhan luka dan sintesis protein dan DNA. Meskipun itu adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk perkembangan normal tubuh. 
Re-Suluh: Yusran A. Yahya
Sumber: www.yahoo.com

Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment