#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Teknologi Pengolahan Minuman Sari Buah Nenas-Pepaya


DIOLUHTAN-suluhtani. Buah merupakan bahan makanan sumber vitamin. Selain rasa buahnya nikmat dikonsumsi, pada umumnya daun buah tersebut juga dapat digunakan untuk segala keperluan. Contohnya daun pisang bisa untuk pakan ternak, daun pepaya untuk melunakan daging serta melancarkan ASI terutama daun pepaya jantan.
Warna buah sangat cepat berubah karena dampak panas matahari dan pemotongan, serta pengaruh biologis (jamur) mengakibatkan buah mudah menjadi busuk. Maka dari itu pengolahan buah untuk memperpanjang waktu ketahananya sangat penting.
Buah bisa diolah menjadi macam-macam jenis minuman seperti sari buah, anggur dan makanan lain seperti juice, dodol, manisan, keripik, dan selai.
Sari buah merupakan cairan yang diperoleh dari penghancuran buah segar yang telah masak. Pada prinsipnya sari buah terdapat dua jenis, yaitu :
1) Sari buah encer cair yang dapat langsung diminum, yaitu cairan buah yang didapat dari pengepresan buah, kemudian diteruskan menggunakan penambahan air serta gula pasir.
2) Sari buah kental / Sirup, adalah cairan yang diperoleh dari pemerasan buah dan diteruskan dengan pemekatan, baik dengan cara pendidihan biasa atau dengan cara lain seperti penguapan dan lainya.
Sirup ini tidak dapat langsung dikonsumsi, tetapi harus diencerkan dulu dengan air putih. Buah-buahan yang kerap diolah menjadi sari buah maupun sirup yaitu : asam, jahe, nangka, markisa, nenas, tomat, wortel, sirsak, mangga, jambu biji, pisang, pala serta hampir semua jenis jeruk, dan lain-lain. Sari buah ataupun sirup buah dapat tahan selama kurang lebih tiga bulan.
Sari Buah Nanas dan Pepaya
Nenas dan Pepaya merupakan komoditas hortikultura. Salah satu ciri komoditas hortikultura antara lain dikonsumsi dalam keadaan segar dan mudah rusak.
Teknologi pembuatan sari buah merupakan suatu cara untuk dapat meningkatkan daya simpan produk komoditas hortikultura. Produk sari buah tidak hanya berbahan baku satu jenis buah saja, melainkan dapat dikombinasikan dengan komoditas hortikultura lainnya.
Sari buah nenas pepaya merupakan salah satu contoh sari buah hasil kombinasi 2 komoditas hortikultura. Sari buah nenas pepaya mempunyai beberapa keunggulan antara lain mempunyai rasa yang khas, dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama, dan mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi.
Keunggulan:
Penambahan buah papaya kedalam sari buah nenas, selain meningkatkan kandungan gizinya, sari buah yang dihasilkan menjadi lebih menarik, dapat diproses dengan teknlogi sederhana skala rumah tangga atau usaha kecil dan menengah (UKM).
Dengan mengolahnya menjadi sari buah campuran, selain daya simpan buah papaya dan nanas dapat diperpanjang, juga meningkatkan nilai tambah.


Yusran A. Yahya
Sumber : Fanspage FB BB Pascapanen dan 
Leaflet Pembuatan Sirup Pepaya dan Sirup Nenas, 2017

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment