#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Mantan Penyuluh Teladan ini Himbau Penyuluh Kuasai Teknologi

DIOLUHTAN-suluhtani. Penyuluh Pertanian Dinas Peternakan Kab. Bone Sulsel, Yusran A. Yahya NS, mengimbau seluruh penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan yang ada di Sulsel agar senantiasa meningkatkan kompetensinya. Salah satunya, penyuluh harus melek atau menguasai teknologi. “Penyuluh penting menguasai teknologi. Jangan sampai petani yang melek teknologi, penyuluhnya gagap teknologi,” kata Yusran di hadapan teman-teman penyuluh pertanian desa se-Kec. Bontocani saat rehat kegiatan Musrembang Kec. Bontocani di Halaman Kantor Camat Bontocani, Bone. (Selasa, 19/02/2019).

Penyuluh Pertanian, Yusran A. Yahya (tengah/baju dinas) saat melakukan pembinaan dalam rangka mendukung program Kementrian Pertanian "Santri Millenial"

Yusran mengungkapkan, kompetensi para penyuluh sangat menentukan dalam mendorong peningkatan hasil pertanian, perikanan dan kehutanan. Karenanya, seluruh fungsi harus berjalan sebagaimana mestinya dalam sebuah sistem. “Harus ada agenda intelektual, bagaimana pertanian kita, apa yang baik di pasaran, dan berapa targetnya. Tata kelolanya harus maksimal,” ujar Penyuluh dengan jabatan Madya ini.

Dia pun menegaskan, seorang penyuluh harus menargetkan apa yang ingin dicapainya. Jika kinerjanya biasa saja, maka hasilnya pun akan biasa saja. “Teruslah bekerja dan ciptakan prestasi. Tidak boleh ada penyuluh tanpa prestasi,” tegas Penyuluh Pertanian yang pernah berpredikat Teladan Provinsi Sulsel dan Teladan Nasional 2016 ini. 
Disadari atau tidak, perubahan teknologi telah mengubah banyak aspek di dalam kehidupan. Sudah semestinya bagi kita yang hidup pada era modern ini harus lebih mengetahui pentingnya teknologi. Sebaliknya, bila tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi, kita akan terlindas oleh zaman dan dicap sebagai orang yang gagap teknologi.


Saat bersama Tim Musrembang Kabupeten Bone

Menurut Yusran ada beberapa alasan penting kenapa kita sebagai penyuluh maupun petani harus menguasai teknologi yaitu :

1. Perderasan Arus Informasi

Arus informasi yang cepat merupakan feedback dari semakin canggihnya teknologi informasi. Salah satu yang paling nampak adalah perkembangan internet atau jaringan komputer. Internet menjadi salah satu alat penyebar informasi yang sangat cepat. Meskipun Anda harus lebih cermat lagi dalam menggali informasi, namun ini merupakan salah satu dampak positif teknologi karena dapat memberikan informasi mengenai suatu kejadian secara cepat.
2. Mudah Dalam Konsultasi

Dengan lebih memahami fungsi teknologi Anda dapat lebih mudah dan simpel dalam memenuhi kebutuhan Anda. Misalnya saja Anda tidak sempat mengkonsultasikan permasalahan hama tanaman, penyakit ternak dan budidaya tani lainnya, Anda tak perlu jauh-jauh, melalui inovasi ini permasalahan itu bisa dapat teratasi.

3. Akses Memperoleh Informasi makin Mudah

Kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi membuat kita lebih mudah mendapatkan berita atau informasi. Terkadang tanpa kita minta, informasi akan datang sendiri. Namun banyaknya informasi yang beredar harus diimbangi dengan pengetahuan yang memadai. Anda perlu memilah mana informasi yang benar-benar akurat atau tidak. Jangan sampai kemudahan informasi ini justru mengantarkan kita pada pribadi yang mudah diadu domba.

4. Membuka Wawasan dan Teman Baru yang Lebih Luas

Media sosial juga merupakan dampak positif lain dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Melalui media sosial Anda dapat bertemu dengan orang baru sehingga menambah relasi dan pertemanan anda. "Sebagai contoh, Instagram dan Facebook. Situs yang cukup besar ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak orang gunakan. Tidak hanya untuk menambah jaringan pertemanan di dunia maya, Facebook dan Instagram juga menjadi sarana promosi dalam bisnis bagi petani dan pengusaha pertanian" paparnya
Ekspor impor tidak lagi seperti dulu tetapi sudah bisa dilakukan dari rumah dengan bisnis online lintas benua. Bahkan pekerjaan dengan teknologi bisa jauh mencapai hasil yang memuaskan dibandingkan secara manual.

5. Mengembangkan Kompetensi dan Produktivitas Diri

Selain dapat membantumu dalam mengatasi kebutuhan sehari-hari, teknologi juga berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas dalam bekerja maupun kegiatan penyuluhan dan belajar.
6. Anda dapat lebih Insiatif, Inovatif, dan Kreatif serta dengan Teknologi akan lebih Efektif dan Efisien

Sebagai penyuluh yang harus menginspirasi, teknologi juga semakin mendorong kita untuk menjadi pribadi yang inovatif dan kreatif. Dengan berbagai kemudahan di dalamnya, Anda bisa memanfaatkannya secara optimal. Entah untuk berbisnis online, sharing dan berbagi file, berbagi pengalaman, maupun kemudahan akses mencari informasi.

Dengan adanya teknologi yang mendukung, peran internet terhadap pengetahuan, ketrampilan dan sikap ppetani juga dapat menjadi salah satu alasannya. Karena informasi yang sangat luas petani bahkan penyuluh pun bisa mengakses materi penyuluhan secara online yang lebih mudah diakses dan minim biaya. "Teknologi telah memangkas sebagian besar biaya dan aktivitas manusia. Seorang penyuluh pun kadang dengan mengandalkan internet, pundi-pundi uang pun bisa dihasilkan, baik itu mengelola blog/website, membuat karya tulis ilmiah populer dan sebagainya, ada istilah "poin" dan "koin" di kalangan penyuluh" bebernya
Menjalankan profesi penyuluh memang penting untuk mencerdaskan dan mengembangkan SDM petani dan keluarganya seperti petani millennial yang akan menjadi generasi penerus bangsa, mengharuskan penyuluh untuk selalu “upgrade” akan informasi terkini dan ilmu pengetahuan. Bukan hanya itu, seiring perkembangan zaman yang memasuki era globalisasi

Perderasan informasi sangatlah pesat yang tak lagi mengenal ruang dan waktu. Oleh karenanya, era buku digital (e-Book) sangat membantu dalam proses penyerapan ilmu dan teknologi antara penyuluh dan petani. Namun untuk menjalankan itu semua, dibutuhkan penguasaan teknologi yang memadai bagi seorang penyuluh. Minimal penyuluh masa kini harus mampu menjalankan komputer/laptop dan menggunakan internet. Karena penguasaan teknologi digital amatlah sangat penting bagi seorang penyuluh. “Begitu pentingnya teknologi yang harus penyuluh kuasai salah satu alasannya agar penyuluh tidak hanya sebagai penonton. Jika Anda tidak menguasai teknologi mulai dari sekarang bukan tidak mungkin Anda akan dijajah oleh golongan tertentu, entah dalam bentuk informasi atau pengendali peradaban. Akan lebih baik jika Anda tidak hanya menikmati teknologi saja tetapi juga andil dalam menciptakan teknologi yang lebih canggih” ungkap Yusran.
Penyuluh pun diharapkan mampu melakukan penyuluhan pada media elektronik sesuai amanat juknis kegiatan penyuluh dan angka kreditnya, seperti melakukan penyuluhan melalui website. Para penyuluh pun menyatakan tekadnya siap mendukung swasembada pangan, salahsatunya melalui penguasaan teknologi dan bertekad menjadikan Sulsel sebagai pilar utama pembangunan pangan nasional.

Admin Dioluhtan/Y.A.Y

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment