#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Populasi Sapi Terbesar, Bone gelar Ekspo dan Kontes Ternak 2019


DIOLUHTAN-suluhtani. Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Peternakan Kab. Bone akan menyelenggarakan Ekspo dan Kontes Ternak di Kota Watampone, Kab. Bone mendatang. Kegiatan tersebut merupakan yang terbesar di Sulawesi Selatan dan melibatkan peternak 27 kecamatan se-Kabupaten Bone.
Kepala Dinas Peternakan, drh. H. Aris Handono menegaskan bahwa kegiatan ini untuk memberikan apresiasi terhadap peternak yang telah sukses dalam membudidayakan ternak sapi yang turut pula berpartisipasi mendukung kegiatan Upsus SIWAB, serta menjadi ikhtiar menggugah semangat dan gairah masyarakat untuk terus mengembangkan usaha peternakan dan pemanfaatan sumberdaya lokal.
(dok: Disnak Bone)

(dok: Disnak Bone)

Upaya Peningkatan Kualitas Peternakan
Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone untuk terus menerus mempertahankan dan meningkatkan kesusksesan di sektor peternakan. Tak hanya dengan memfasilitasi berkembangnya peternakan rakyat, tapi juga dengan menggelar ekspo dan kontes ternak. Kegiatan ini digelar salahsatunya untuk meningkatkan kualitas bibit ternak dan produk peternakan. Acara tersebut dinilai strategis, karena sebagai salah satu tolak ukur pembangunan peternakan dan menumbuhkan daya saing peternakan di Bone.
Kegiatan “Ekspo dan Kontes Peternakan 2019” ini bakal diselenggarakan selama 5 (lima) hari, pada tanggal 23-27 Maret 2019, di Terminal Petta Ponggawae, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kota Watampone. Acara yang juga dirangkai dengan Pameran Peternakan (pembangunan/potensi peternakan, teknologi peternakan, hewan hias, produk dan pengolahan hasil peternakan, serta peralatan dan industri kesehatan hewan. Selain itu, rencananya juga bakal diikuti para penyuluh, peternak dan kelompok ternak se-Kabupaten Bone
Tak hanya itu, di acara yang sama juga bakal digelar perlombaan Merpati Hias, Bakti Sosial Hewan Kesayangan, Lelang ternak dan Seminar Nasional Peternakan. Aris berharap kegiatan tersebut juga mampu merangsang para peternak di Bone untuk lebih produktif. Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan mereka. Oleh sebab itu, dalam ajang tersebut pemerintah daerah juga memfasilitasi para peternak untuk menjajakan produk mereka. Ini menjadi sarana bagi para peternak mempromosikan hasil karya, maupun produk-produk pengolahan hasil yang terkait dengan peternakan ke para pengunjung.
(dok: Disnak Bone)

Diperkirakan, kembali ribuan orang akan hadir pada acara tersebut karena selain melibatkan peternak dan kelompok tani peternakan, juga akan hadir penyuluh pertanian, petugas medik dan paramedik vateriner, petugas PKB/ATR dan inseminator serta elemen pemuda/petani millenial dan masyarakat di seluruh kecamatan se-Kabupaten Bone, bahkan dari kabupaten tetangga banyak yang bakal hadir mengikuti seminar nasional dan kegiatan-kegiatn lainnya. Terlebih lagi bahwa kegiatan ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Bone (HJB). ke 689 yang mengangkat Tema "Tanam Harapan Gemilang" yang selaras dengan misi Pemkab Bone yaitu mewujudkan masyarakat Bone yang mandiri, berdaya saing dan sejahtera.
Yusran A. Yahya
Penyuluh Pertanian Kab. Bone.

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment