#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Kunjungan Lapang Peternakan Tingkatkan Uji Kompetensi SMKN 9 Bone

DIOLUHTAN-suluhtani. SULSEL. Sebanyak 39 siswa-siswi SMK Negeri 9 Bone, Kecamatan Ponre, Kab. Bone, Sulsel melakukan kunjungan studi peternakan di kelompok tani “Berkah” Desa Masago, Kec. Patimpeng (Selasa, 6/11/2018). Kunjungan studi ini dalam rangka pemenuhan uji kompetensi siswa kejuruan khususnya jurusan peternakan.
Mereka adalah siswa-siswi Kelas XI dan kelas XII yang didampingi guru jurusan peternakan, Rahmaningsih, SPt. Semua peserta siswa SMKN 9 Bone diberikan pemahaman oleh pengurus kelompok tani yang juga di damping penyuluh Dinas Peternakan, Yusran A. Yahya dan penyuluh Dinas Pertanian TPHP, Andi Elya Azis mengenai pola budidaya ternak sapi potong diantaranya manajemen pemeliharaan, pembuatan pakan, vaksinasi ternak, inseminasi buatan (Upsus Siwab) dan penanganan penyakit ternak.


 Penyuluh Pertanian TPHP Kab. Bone, Andi Elya Azis sedang menyampaikan profil kelompok dan pola budidaya ternak sapi potong yang dikelola Kelompok Tani "Berkah"

Rahmaningsih, SPt, menjelaskan kunjungan mereka adalah untuk melihat secara langsung pola budidaya ternak dan teknologi ternak sapi potong di kelompok “berkah” yang terkenal menghasilkan sapi bermutu dan terbaik. Harapannya, agar menjadi referensi bagi siswa dalam berusaha tani ternak serta mengaplikasikan ilmunya di masyarakat kelak.


  Penyuluh Pertanian Disnak Kab. Bone, Yusran A. Yahya memaparkan program pemerintah Upsus Siwab, Penyelamatan Betina Produktidf dan Asuransi Ternak dan mendampingi wawancara siswa SMKN 9 Bone


Dengan adanya kunjungan lapang peternakan ini, tentunya menjadi pelajaran dan pengalaman menarik bagi para siswa agar dapat menguasai bidang ilmu peternakan dan menerapkannya di lingkungan masing-masing sekaligus meningkatkan uji kompetensi siswa menengah kejuruan.

Source : Y.A.Yahya / Suluhtani
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment