#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Ekspedisi Veteriner Unhas, Kampanye Gizi Protein Hewani

DIOLUHTAN-suluhtani, SULSEL. Selain aksi sosial di bidang kesehatan ternak, mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas), yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Produksi Ternak (Himaprotek), menghelat acara Kampanye Gizi melalui Produk Peternakan sebagai rangkaian kegiatan di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, mulai tanggal 3 s/d 4 November 2018.
Kegiatan kampanye gizi ini menyasar siswa-siswi SD Negeri 260 Masago, yang beralamat Desa Masago, Kec.Patimpeng, Bone yang diikuti oleh ratusan siswa mulai kelas 1 sampai kelas 6 di Sekolah dasar tersebut.



Salahsatu panitia Ekspedisi Veteriner Fapet Unhas, Fadhil, menjelaskan bahwa acara ini merupakan aksi simpatik dalam bingkai kampanye gizi melalui produk hasil peternakan dengan membagi-bagikan telur rebus, sosis dan susu kepada para siswa dan siswi. "Tujuan kampanye gizi kepada murid SD, yaitu untuk memberikan pengetahuan kepada murid sejak dini akan pentingnya mengkomsumsi susu dan telur sebagai protein hewani yang sangat berperan dalam kesehatan dan kecerdasan anak" ungkap Fadhil (Sabtu, 3/11/2018).
Penyuluh Pertanian Disnak Bone, Yusran A. Yahya, SPt, MSi mewakili Kepala Dinas Peternakan Kab. Bone mengungkapkan bahwa aksi mahasiswa ini adalah untuk mengingatkan masyarakat bahwa susu, telur dan daging dalam bentuk sosis merupakan makanan bergizi yang layak dikonsumsi masyarakat luas. “Susu, daging dan telur adalah produk utama yang dihasilkan peternak sapi perah, sapi potong dan peternak ayam petelur. Jika konsumsi masyarakat terhadap susu sapi dan telur meningkat, maka peternak kita akan sejahtera.” Pungkasnya.
Lebih lanjut Yusran mendukung kegiatan mahasiswa peternakan Unhas ini. Beliau yang juga alumni Peternakan Unhas mengatakan bahwa kegiatan ini didesain untuk menciptakan kesadaran masyarakat terhadap makanan bergizi terutama produk peternakan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terlebih lagi bagi anak-anak yang merupakan calon penerus pembangunan bangsa, yang tentunya diharapkan dapat memajukan negara pada saatnya nanti. “Sesungguhnya bangsa yang kuat dan maju adalah bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang sehat dan cerdas di mana sumberdaya tersebut sejak dini ditunjang oleh kualitas makanan yang bergizi salah satunya melalui produk hasil peternakan yaitu susu, daging dan telur” jelasnya





Ditempat yang sama, Penyuluh Pertanian Desa Masago, Andi Elya Azis, SPt mengatakan jika program yang dilakukan mahasiswa Fakultas Peternakan sangat baik dan sangat tepat dilakukan di sekolah-sekolah karena masa sekolah adalah masa pertumbuhan, terlebih siswa-siswi SD yang akan menjalani ujian membutuhkan asupan susu. Dukungan dari masyarakat sekitar pun disambut dengan baik, terutama para orangtua murid yang sedang mengantar-jemput anaknya di sekolah.


Respon positif dari masyarakat terlihat dengan memberikan tanggapan yang baik kepada mahasiswa. Menurut H. Ahmad, “Kegiatan mahasiswa sangat baik, semoga bisa terus melakukan kegiatan seperti ini agar kita semua bisa sehat dengan minum susu” tuturnya
Pemberian Cinderamata Ekspedisi Veteriner oleh Ketua Himaprotek kepada Kepala SDN 260 Masago, Patimpeng

Dengan kegiatan kampanye gizi membagi-bagi minuman susu, sosis dan telur rebus, Harapannya akan muncul motivasi dalam peningkatan konsumsi pangan yang bermutu dan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi pangan hewani sejak dini.
Source : Y.A.Yahya/Suluhtani
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment