#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Aksi Penyuluh, Sehari Ribuan Ternak Bebas Cacing

DIOLUHTAN. Bone-Sulsel. Hampir semua sapi yang dipelihara masyarakat menderita cacingan, dan ironisnya masih saja banyak peternak memandang sebelah mata penyakit ini. Secara kasat mata, memang tidak semua sapi yang menderita cacingan terlihat sakit, tetapi rata-rata menunjukkan gejala kekurusan. Tingkat keparahan yang ditimbulkan oleh serangan parasit cacing pun tergantung pada jenis cacing, jumlah cacing yang menyerang, umur sapi yang terserang serta kondisi pakan.
  
Bupati Bone memberikan Obat Cacing secara Simbolis kepada Sapi Peternak

Walaupun penyakit cacingan tidak langsung menyebabkan kematian, namun secara ekonomi dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar. Hal inilah yang mendasari para penyuluh pertanian sektor peternakan lingkup Dinas Peternakan Kab. Bone melakukan inovasi dan kreativitas dengan menggelar “gerakan ternak bebas cacing” dalam rangkaian “pekan penyuluhan peternakan” yang dipusatkan di Desa Tungke, Kec. Bengo, Kab. Bone, Prov. Sulsel (Sabtu, 28/10/2017)


Sebanyak 16 personil penyuluh peternakan melakukan aksinya dengan memberikan obat cacing masing-masing ke ternak sapi yang berjumlah 1.822 ekor dengan rincian sapi induk/dewasa sebanyak 1.170 ekor dan anak sapi (pedet) sebanyak 652 ekor.

Bupati Bone, DR. H.A. Fahsar M. Padjalangi mengapresiasi kegiatan tersebut dan bangga dengan kreativitas dan inovasi yang dilakukan Dinas Peternakan Kab. Bone melalui para penyuluh peternakan. 
Source : Y.A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment