#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Momentum Hari Ibu, Mentan Amran: Tidak Akan Pernah Ada Laki-Laki Hebat Tanpa Ibu yang Hebat

DIOLUHTAN - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam beberapa kesempatan selalu mengingatkan peran besar Ibu dalam merenda perjalanan hidupnya. "Peran Ibu tidak diragukan dalam meraih kesuksesan perjalanan hidup, dan tidak akan pernah ada laki laki hebat tanpa ibu/istri yang hebat" tegas Amran di berbagai kesempatan. Oleh karena itu, muliakan dan hargailah peran ibu/istri sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita. 
Kementan memulai program Pengarusutamaan Gender (PUG) sejak tahun 2000 yaitu sejak terbitnya Inpres No.9/tahun 2000. PUG adalah kegiatan kesetaraan dan keadilan gender dalam akses, partisipasi, kontrol dan manfaat dalam program kerja Kementerian Pertanian.
Sebagai contoh, Kementerian Pertanian telah menerapkan tagging gender dalam rencana kerja dan anggaran Kementan. Upaya pemberdayaan ekonomi rumah tangga melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dengan memanfaatkan pekarangan sebagiai sumber nutrisi keluarga, dan memperhatikan perlindungan anak dalam kesertaan di kegiatan PUG.
Sebagai hasil, Kementan meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori tertinggi dalam Pengarusutamaan Gender (PUG), Rabu (21/12/2016). Penganugerahan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang berlangsung di kantor Wakil Presiden.
Data Kementerian Pertanian RI menyebutkan potensi lahan pekarangan diperkirakan 10 juta hektar di seluruh Indonesia, dan hal itu menjadi ´potensi tersembunyi´ yang menunggu peran partisipatif Ibu Ibu dalam mendukung ketahanan pangan nasional, ungkap Amran saat memberi arahan pada Pertemuan Ibu Ibu PKK seluruh Indonesia bulan lalu. "Ibu ibu di Indonesia jumlahnya sangat banyak dan merupakan kepanjangan tangan Pemerintah dalam mempromosikan program pembangunan ketahanan pangan", tambahnya.
"Selamat Hari Ibu 22 Des 2016, Mulailah memuliakan dan menghargai peran Ibu sebagai bagian penting dalam mewujudkan ketahanan pangan Nasinal", ucap Mentan Amran.
Editor dan Foto  : Y.A. Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment