#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Beberapa Hama yang Menyerang Tanaman Kopi

DIOLUHTAN. Pada budidaya kopi biasanya yang selalu menjadi kendala adalah hama yang sering menyerang tanaman kopi. Pasalnya jika tanaman kopi kerap diserang hanya akan sangat berdampak pada hasil panen yang pasti kurang berkualitas. Hal inilah yang menjadi momok mengerikan bagi para petani kopi.
Beberapa hama kopi yang dapat menyerang tanaman kopi.
Kumbang penggerek, kumbang betina ini akan menggerek di biji kopi. Penggerek ini sangat merugikan, sebab ia akan merusak biji kopi, bahkan kumbang ini mampu mencapai populasi yang tinggi, itu artinya akan semakin banyak pula kopi-kopi yang akan ia rusak,
Penggerek cabang, selain buah ternyata cabangpun juga bisa di serang oleh hama ini. Larva ini lebih sering menyerang cabang-cabang yang sudah tua atau yang sedang sakit. Hama ini juga sering menyerang ranting-ranting yang masih lunak. Kumbang ini akan membuat lubang untuk masuk ke dalam ranting sehingga cabang tersebut tidak dapat berbuah,
Penggerek batang, mungkin kita sering melihat telur penggerek ini, memiliki warna kuning kemerahan. Ulat ini akan masuk ke batang, akibatnya lubang yang digunakan untuk pintu masuk penggerek ini akan layu serta mati.
Beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menanggulangi hama tersebut, memang dengan cara yang alami, seperti dengan membiarkan populasi pemangsa tetap hidup agar membasmi secara alami, bisa juga dengan menutup batang-batang yang telah dilubangi oleh penggerek ini. Selain itu, Anda juga bisa memotong cabang yang telah dilubangi oleh penggerek ini jika ukurannya tidak terlampau besar, ketika Anda telah memotong batang atau menutup batang, segera musnahkan ulatnya dengan cara di bakar. Untuk menghindari penyebaran hama ini, Anda harus melakukan pengecekan secara rutin agar kopi yang dihasilkan optimal.
Editor dan Foto : Y.A. Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment