Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Kisah Petani "Berapa Paku yang Kau Tancapkan?"

Dahulu ada seorang petani memiliki gadis kecil yang berwatak sangat buruk. ia memiliki kebiasaan marah-marah tanpa jelas apa sebabnya. tetepi di samping kebiasaan buruknya itu ia sangat patuh terhadap ibunya, sampai suatu saat ibu gadis itu memberinya sekantung paku dan memerintahkannya untuk menancapkan paku itu pada bagian belakang pagar rumahnya setiap kali ia marah.
Pada hari pertama, gadis kecil itu menancapkan 37 paku ke pagar. namun, beberapa minggu berikutnya "karena ia mulai bisa mengendalikan diri" jumlah paku yang ia tacapkan ke  pagar semakin berkurang. ia juga menyarari bahwa lebih mudah menahan amarah daripada menancapkan paku ke pagar.
Akhirnya, tibalah saat di mana gadis itu bias menguasai dirinya dan tidak marah lagi. lalu ia meceritakan hal ini kepada ibunya. Ibunya menyarankan agar sekarang ia mencabut paku dari pagar setiap kali ia bisa menguasai amarahnya.
Setelah lewat beberapa hari, gadis itu melapor kepada ibunya, bahwa paku-paku yang tertancap di pagar telah tercabut semua. Sang ibu kemudian menggandeng tangan anaknya ke pagar lalu berkata, "kau sekarang telah berperilak baik, nak, tapi lihat lubang-lubang di pagar itu. pagar itu tidak akan pernah sama seperti dahulu. sewaktu marh-marah, kata- kata yang kau ucapkan  menyebabkan luka persis seperti lubang-lubang di pagar ini."
Kau dapat menusukan pisau ke tubuh seseorang lalu mencabutnya. tak jadi masalah beberapa banyak kau berkata : maafkan aku, tapi luka itu akan tetap ada di situ. luka yang diakibatkan lisanmu sepedih luka tusukan itu. sesungguhnya, teman adalah mutiara yang sangat berharga. mereka membuatmu tersenyum, mendorongmu agar sukses, mendengarkan keluh kesahmu, mengucapkan pujian untukmu dan selalu berlapang dada terhadapmu. kau adalah sahabatku, dan aku merasa terhormat memiliki teman sepertimu. Tolong maafkan aku, bila aku pernah meninggalkan lubang di pagar hatimu.
SUBHANALLAH...
" Semoga ALLAH bimbing kita agar kita senantiasa bersabar, tidak mudah marah, dan selalu berpikir jernih sebelum berucap dan bertindak. Aamiin"
Silahkan Klik Like dan Bagikan di halamanmu agar kamu dan teman-temanmu senantiasa istiqomah dan bisa meningkatkan ketakwaannya kepada ALLAH SWT.
Ya ALLAH...
 Muliakanlah orang yang membaca status ini
 Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid
 Lapangkanlah hatinya
 Bahagiakanlah keluarganya
 Luaskan rezekinya seluas lautan
 Mudahkan segala urusannya
 Kabulkan cita-citanya
 Jauhkan dari segala Musibah
 Jauhkan dari segala Penyakit,Fitnah,Prasangka Keji,Berkata Kasar dan Mungkar.
 Dan dekatkanlah jodohnya untuk orang yang membaca dan membagikan status ini.
Aamiin ya Rabbal'alamin.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment