Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Kopi Lanang bukan Khusus untuk Pria

Kopi Lanang atau Peaberry Coffee, banyak orang yang belum mngetahui jenis kopi ini, kopi ini bukanlah kopi yang hanya dapat dinikmati oleh wong lanang (sebutan pria dalam bahasa jawa,). Kopi ini merupakan sebutan untuk biji kopi yang tidak terbelah dua seperti biji kopi pada umumnya, kopi ini memiliki biji yang bulat dan tunggal.kopi lanang indonesia 300x136 Kopi lanang, bukan khusus untuk laki laki
Untuk mendapatkan Kopi Lanang ini dilakukan dengan menyortir biji kopi jenis Robusta dengan sangat teliti. Yang membuatnya sangat istimewa adalah jumlahnya yang sangat jarang. Dalam sekali panen saja, kopi ini hasilnya sangat sedikit, perbandinganya dari 50 kg biji kopi, setelah disortir hanya terdapat 800 g biji kopi lanang. Prosesnyapun hanya terjadi secara alami dan tidak dapat direkayasa, selain itu, kopi lanang ini mempunyai citarasa yang lebih tinggi, aromanya pun lebih wangi dan rasanya lebih padat (full). Kopi lanang ini juga dipercaya mampu meningkatkan kinerja dan juga menjernihkan pikiran.
Kopi lanang ini mempunyai kadar caffein yang sangat tinggi, yakni sekitar 2,1 persen sangat cocok bagi penikmati kopi sehingga membuat anda tidak mudah mengantuk dan juga cita rasa kopinya yang begitu halus. Permintaan jenis kopi ini mulai muncul sejak tiga tahun yang lalu, peminatnya sebagian besar berasal dari beberapa kota besar dan pusat wisata. Walaupun belum sebanyak Kopi Luwak, akan tetapi permintaan kopi lanang ini kian meningkat.
Selain kandungan kafein yang tinggi, banyak orang yakin kopi lanang berkhasiat menambah vitalitas kaum pria. Mungkin karena berasal dari namanya Kopi Lanang.Namun, sampai saat ini belum ada penelitian yang sudah membuktikan hal tersebut.
Untuk harga kopi lanang ini, Harga kopi lanang di pasar hampir sama dengan kopi luwak.harganya berkisar Rp 140.000–Rp 150.000 per kg. Bandingkan saja dengan harga kopi biasa (arabika atau robusta) yang dijual sekitar Rp 100.000 per kg. Bahkan, di Bali, harga kopi lanang ini bisa mencapai Rp 250.000 per kg.
Di Pulau bali, banyak wisatawan dari Korea Selatan dan Taiwan yang mencari kopi lanang sebagai oleh-oleh ketika kembali ke negara asalnya. Permintaan kopi lanang ini memang cukup banyak di bali, biasanya peminatnya adalah usaha yang berkaitan dengan wisatawan asing.
Untuk Peminat kopi lanang di pasar lokal sendiri memang belum banyak. Mungkin karena jenis kopi ini belum terlalu banyak dikenal, dan biasanya hanya sebatas kalangan penggemar kopi saja. Baru sebagian dari masyarakat di Pulau Jawa saja yang mengetahui adanya kopi lanang. Para penggemar kopi dari luar negeri yang jauh lebih paham akan citarasa kopi lebih mengenal jenis kopi ini. Mereka rela membeli dengan harga mahal untuk mendapatkan citarasa tertinggi. Kopi lanang ini cukup banyak penggemarnya karena rasanya mirip dengan kopi luwak.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment