#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Nihh... Cara Mudah Memasak Wortel

DIOLUHTAN – Tidak semua sayuran lebih baik dimakan mentah. Memang sebagian dari kita selama ini mendapat pengetahuan seolah proses pemanasan dan pemasakan akan banyak mengurangi nilai gizi sayur-sayuran. Pendapat ini memang dapat dibenarkan, tetapi tidak berlaku secara general.
Sebagaimana ramai diketahui bahwa wortel mengandung senyawa beta karoten yang sangat bermanfaat bagi imunitas tubuh. Beta karoten dapat menambah jumlah sel yang melawan penyakit, sel pembunuh penyakit, dan sel T penolong, serta bermanfaat melambatkan proses penuaan. Nutrisi ini juga merangsang sel imun dan makrofag agar menghasilkan nekrosis tumor yang akan membunuh sel kanker.
Namun untuk mendapatkan kandungan betakarotennya, justru wortel tersebut haruslah dipanaskan dalam minyak atau substansi berlemak lainnya seperti mentega.
Mengapa demikian? Karena beta karoten tidak dapat larut dalam air, ia hanya bisa terbawa oleh zat yang memiliki gugus lemak dalam strukturnya. Tentu saja memasaknya jangjan terlalu panas dan terlalu lama, karena jika demikian, tetap akan terjadi perubahan struktur kimiawi dari unsur beta karotennya dan zat aktif penting lainnya. 

Sumber: Jangan ke Dokter Lagi! Keajaiban Sistem Imun dan Kiat Menghalau Penyakit, Tauhid Nur Azhar & Bambang Trim, Bandung, MQ Gress, 2007
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment