#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

EM4 untuk Ternak dan Tanaman

DIOLUHTAN-suluhtani. EM4 sudah tidak asing lagi dan sangat terkenal ditelinga pelaku usaha ternak dan tanaman, karena bahan ini mempunyai manfaat yang baik pada ternak dan tanaman. EM4 berupa kultur EM (effective microorganisms) dalam medium cair berwarna coklat kekuning-kuningan yang menguntungkan untuk pertumbuhan dan produksi ternak dengan ciri-ciri berbau asam manis seperti yang dilansir disitus resminya yaitu “em4-indonesia.com”.

Jenis-jenis EM4 untuk Tanaman dan Ternak

Secara ilmiah EM4 memiliki manfaat mampu memperbaiki jasad renik dalam saluran pencernaan ternak sehingga kesehatan ternak akan meningkat, tidak mudah stress dan bau kotoran akan berkurang serta meningkatkan nafsu makan. Dengan manfaat tersebut, EM4 banyak digunakan sebagai media bahan pencampur pakan yang baik untuk meningkatkan nafsu makan dengan metode fermentasi pakan yang kandungan serat kasarnya tinggi seperti jerami.

Secara detail manfaat bahan ini untuk ternak dan tanaman yang bisa anda pertimbangkan dalam penggunakan EM-4.

Manfaat EM4 untuk ternak

Adapun beberapa manfaat bahan ini untuk peternakan adalah:

1. Menyeimbangkan mikroorganisme yang menguntungkan dalam perut ternak: EM4 berupa probiotik atau bakteri yang menguntungkan yang membunuh bakteri dan parasit yang berbahaya bagi tubuh jika diberikan  kepada ternak. 

2. Memperbaiki dan meningkatkan kesehatan ternak: Dengan berkurangnya bakteri jahat dalam tubuh, tentu akan meningkatkan kesehatan ternak. 

3. Mempercepat bobot badan: EM4 mempunyai manfaat untuk meningkatkan nafsu makan dengan bau khas manis asam yang disukai ternak, sehingga kalau dicampurkan pada pakan. Ternak akan lebuh lahap makannya, cepat gemuk. 

4. Mencegah bau tidak sedap pada kandang ternak dan kotoran ternak: Keuntungan yang satu ini adalah keuntungan sosial dimana warga setempat tidak terganggu dengan peternakan kita. 

EM4 Khusus untuk Ternak, dengan Warna Kemasan Botol Kecoklatan

Manfaat EM4 untuk Tanaman

Manfaat ini didapatkan dengan cara pembuatan pupuk organik dengan em4 sehingga anda mendapatkan manfaat seperti dibawah ini:

- Memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah

- Meningkatkan ketersediaan nutrisi tanaman

- Menekan aktivitas hama dan penyakit pada tanaman

- Meningkatkan hasil produksi

- Mengoptimalkan kualitas dan kuantitas hasil produksi

- Ramah lingkungan dan aman bagi manusia.

EM4 Khusus untuk Tanaman, dengan Warna Kemasan Botol Kekuningan

Demikianlah ulasan singkat mengenai manfaat EM4 untuk ternak dan tanaman yang bisa anda gunakan melalui pembuatan pakan fermantasi dengan EM4 dan pembuatan pupuk. Semoga bermanfaat.

Re-suluh: Yusran A. Yahya NS (Source: em4-indonesia.com)

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment