#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Resmi, Pasar Hewan Palattae-Kahu, Mulai Pasarkan Ternak Sapi persiapan Idul Qurban


DIOLUHTAN-suluhtani. Sulsel. Dirangkaikan dengan kegiatan pameran dan promosi hasil peternakan Kabupaten Bone, Pasar hewan yang terletak di Kelurahan Palattae, Kecamatan Kahu Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan telah diresmikan (Minggu, 21/07/2019). Pembangunan pasar hewan ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh Dinas Peternakan Kabupaten Bone dibawah nahkoda Kepala Dinas, drh. H. Aris Handono yang dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pasar hewan ini dapat memantapkan ekonomi dan investasi sehingga berpotensi meningkatkan Pendapatan Asli daerah (PAD) dari transaksi jual-beli ternak.
  

Kepala Dinas Peternakan, drh. Aris Handono (kiri) saat memeberikan sambutan saat persemian Pasar Hewan di  Palattae, Kec. Kahu, Kab. Bone

Lanjut Aris Handono, bahwa pasar hewan ini merupakan ajang peternak, pedagang pengumpul maupun pedagang antar wilayah dalam melakukan transaksi jual-beli ternak. Pada umumnya transaksi jual-beli berlangsung secara tradisional, dengan penetapan harga tidak transparan bagi semua pelaku. “Sekarang ini Kabupaten Bone memiliki populasi terbesar dengan hewan ternak sapi yang tersebar di 27 kecamatan, karenanya para peternak melaksanakan transaksi penjualan pada tempat-tempat tertentu pada peternak dimana penjualan hewan sendiri tanpa dilakukan pengecekan terhadap kesehatan dari hewan ternak yang akan dijual, asal hewan ternak yang sehat, higenis dan aman untuk lingkungan dan diawasi oleh Dinas Peternakan Kabupaten Bone. Oleh karena itu, dianggap perlu tersedianya fasilitas pasar hewan yang representatif” ungkap Aris Handono

Pasar Hewan di Kabupaten Bone ini sudah berjumlah 3 (tiga) unit yaitu Pasar Hewan Palakka, Pasar Hewan Selli-Bengo dan Pasar Hewan Palattae-Kahu. Sekarang ini sementara dikhususkan untuk pasar hewan qurban dalam menyambut hari raya Idul Adha mendatang, khusus pasar hewan palattae akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 21 – 23 Juli 2019 dan untuk hari biasa ditetapkan setiap hari Minggu.
Peresmian pasar hewan ini juga dihadiri oleh anggota komisi II DPRD Kabupaten Bone, Herman, S.T., Camat Kahu, Kabid Pengembangan Usaha dan Penyuluhan Disnak, Ir. Darmawati, Fungsional Penyuluh Pertanian Disnak, Yusran A. Yahya, para PPK Disnak, para Inseminator, pengusaha ternak sapi serta segenap masyarakat turut hadir dan banyak yang langsung melakukan transaksi jual-beli ternak sapi untuk persiapan hari raya qurban mendatang. 

Y. A. Yahya
Fungsional Disnak Bone

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment