#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Fungsi Unik dari Garam, Selain Hanya Penambah Rasa Makanan

DIOLUHTAN-suluhtani. Selama ini kita hanya mengetahui bahwa garam hanya memiliki fungsi sebagai bahan penambah rasa pada makanan. Jika tak diberi garam, maka makanan terasa hambar dan tidak sedap untuk dimakan. Namun faktanya, fungsi garam tak berhenti di situ saja.
Ada sejumlah manfaat lain dalam kehidupan sehari-hari yang bisa Anda dapatkan dari garam. Seperti dikutip Liputan6.com dari laman Brightside.me, berikut beberapa manfaat garam yang jarang Anda ketahui:
1. Kembalikan Warna Alami Pakaian yang Usang
Ilustrasi Garam (iStockphoto)​
Anda mungkin pernah mencoba membersihkan pakaian dengan deterjen. Tetapi, itu hanya membuat pakaian Anda bersih saja dan tidak mempertahankan warna pakaian. Sebab, sejumlah bahan pakaian akan mudah luntur warnanya jika terlalu lama direndam di dalam air deterjen.
Ternyata, garam mampu mempertahankan warna pakaian serta mengembalikannya seperti semula.
Cukup rendam pakaian Anda dalam larutan air garam, kemudian juga tambahkan seperempat cangkir garam ke dalam mesin cuci. Anda pasti akan terkejut dengan hasilnya.
2. Hilangkan Debu pada Kelopak Bunga Buatan
Ilustrasi garam dan lada (Pixabay)
Yang ini cukup mengejutkan. Tidak ada yang suka dengan debu. Telebih debu yang kerap menempel di bunga kelopak bunga buatan.
Sebab, untuk membersihkan debu pada bunga buatan itu menjengkelkan dan membuang-buang waktu.
Salah satu cara mudah untuk menjaga bunga tiruan Anda bebas debu adalah dengan memasukkan garam ke dalam pot atau letakkan sejumlah garam di samping vas bunga tersebut.
Sebab, garam mampu menghilangkan jejak kotoran dan debu, dan bunga di ruangan Anda akan terlihat indah lagi.
 3. Singkirkan Bekas Lipstik di Gelas
Ilustrasi Garam (iStockphoto)​
Bagi para perempuan, lipstik bisa memperindah bibir. Tetapi bisa membuat gelas Anda sulit dibersihkan. Ketika sedang minum, kebanyakan lipstik akan menempel pada lingkaran atas gelas.
Mereka yang ditugaskan mencuci piring pasti akan merasa kesal. Sebab, ada saja noda lipstik yang sulit dibersihkan.
Anda tak perlu khawatir. Masalah ini sangat mudah untuk diatasi. Ambil garam secukupnya lalu bersihkan bekas noda lipstik secara perlahan dengan bantuan air sedikit demi sedikit.
 4. Mengangkat Kulit Mati
Ilustrasi Garam (iStockphoto)​
Garam juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk merawat kulit kering. Sebab, garam bisa menghilangkan kulit mati, meningkatkan sirkulasi darah Anda secara keseluruhan, dan itu murah.
Ini sangat efektif jika Anda menerapkannya setelah Anda mandi dengan air panas.
Ingat: oleskan garam saat kulit Anda agak basah, dan pijat dengan cara melingkar. Untuk hasil pengelupasan yang lebih baik, gunakan garam laut.
5. Sebagai Pendamping Pasta Gigi
Ilustrasi/copyright pexels.com/pixabay.com
Pernahkah Anda mengalami kondisi di mana Anda tidak memiliki pasta gigi? Cukup gunakan garam!
Cara sederhana dan praktis ini bisa dilakukan dengan menambahkan garam bagian sikat gigi Anda. Garam sangat bagus untuk menghilangkan noda, memutihkan gigi, dan bahkan membasmi kuman, karena sifat antibakteri dari garam.
Hanya saja, jangan berharap gigi Anda akan memutih semalaman, butuh beberapa waktu dan konsistensi untuk membuatnya seperti itu.
6. Membersihkan Noda di Furnitur Rumah
Ilustrasi kolam garam (Wikipedia/World Imaging)
Kerap kali meja makan, kursi atau lemari memiliki noda membandel akibat percikan kuah dari makanan. Sulit sekali membersihkan noda itu.
Cara mudah untuk menghilangkannya adalah dengan melemparkan sedikit garam ke titik noda dan gosok perlahan dengan spons (lebih bagus lagi dengan yang basah). Anda mungkin bisa menyingkirkan lingkaran tidak berguna itu.
Demikianlah, beberapa manfaat garam yang perlu juga Anda ketahui selain hanya memiliki fungsi sebagai bahan penambah rasa pada makanan. Semoga bermanfaat.
Editor: Y.A.Yahya
Source: 
www.liputan6.com

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment