Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Solid Rain, Produk Inovasi Buat Lahan Pertanian Tak Perlu Disiram

DIOLUHTAN-suluhtani. Air menjadi kebutuhan manusia paling penting. Dengan semakin banyaknya pencemaran air dan krisis air, manusia harusnya lebih berhemat air. Karena itu lahirlah produk inovatif bernama Solid Rain. 
Solid Rain adalah bubuk yang dapat menyerap banyak air. Air yang terserap akan dilepas perlahan-lahan selama setahun. Jadi, dengan cara ini para petani atau penggiat cocok tanam yang lain akan terbantu dan tidak perlu khawatir kekeringan. 
Foto: bbc.co.uk

Seliter air akan diserap 10 gram bubuk Solid Rain, hal ini pun telah diuji coba di the US Department of Agriculture (USDA). Selain itu juga telah dipraktekkan pada beberapa tempat, khususnya di Mexico. 
Hasilnya, sangat memuaskan. Bila dihitung-hitung, per hektar tanah akan membutuhkan 50 kg Solid Rain. Tetapi harga produk ini tidak murah, sekitar 17 juta rupiah. Walaupun begitu, bubuk ini akan tahan hingga sepuluh tahun, dan dapat dijamin kadar alaminya. Tidak akan merusak tanah bila baru digunakan dan setelah beberapa tahun. 
Foto: wonderfulenggineering.com

Edwin Gonzalez, vice president Solid Rain berkomentar, "Produk kami tidak mengandung racun, karena terbuat dari bio-acrylamide". Solid Rain seakan menjadi jawaban atas keluh kesah para petani yang selama ini khawatir akan iklim dan cuaca yang tidak bersahabat juga pemanasan global yang semakin terasa semakin hari. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat situs www.solid-rain.com.

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment