Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Gunakan Metode Pertanian Vertikal, Peneliti Bisa Budidaya Sayuran di Antartika

 Greenhouse alias rumah kaca EDEN-ISS Antartika

DIOLUHTAN-suluhtani. Di Antarktika, Cuaca ekstrem yang melanda wilayah tersebut membuat tanaman sulit tumbuh, namun dengan kemajuan teknologi membuat segalanya menjadi mungkin. Peneliti kini bisa tanam selada hingga mentimun di wilayah tersebut. Dulu, rasanya tidak mungkin melihat tanaman tumbuh bahkan berhasil dipanen dalam cuaca dingin ekstrem seperti di Antarktika. Tetapi para peneliti di German Aerospace Center (GAC) membuktikan hal itu mungkin terjadi.
Mereka membangun greenhouse alias rumah kaca yang memungkinkan buah dan sayuran tumbuh di wilayah Kutub Selatan ini. Bahkan rumah kaca bisa menanam persediaan makanan sepanjang tahun bagi para peneliti di stasiun kutub Neumayer III di Ekstrom Ice Shelf.
Disebut Eden-ISS, rumah kaca ini berupa kontainer yang suhunya bisa dikendalikan. Rumah kaca menggunakan teknik pertanian vertikal dimakan tanaman bisa tumbuh di atas nampan atau modul di bawah lampu LED, bukan sinar matahari alami, lapor Business Insider (25/4).
Sebelum dibawa ke Antarktika, Eden-ISS sudah lebih dulu diujicoba di Bremen, Jerman. Peneliti Paul Zabel pernah menanam buah dan sayur di bawah 42 lampu LED. Ia lalu memasok ekstra karbondioksida ke dalam rumah kaca. Sementara suhunya diatur menjadi sekitar 23 C.
Untuk lampu LED juga berubah warna jadi merah dan biru. Warna ini disesuaikan dengan frekuensi cahaya optimal bagi pertumbuhan tanaman. Beberapa buah dan sayur yang pernah ditanam adalah sayuran hijau, paprika, strawberry, lobak, tomat, basil, dan parsley.
Mentimun juga bahkan pernah berhasil ditanam. Tahun 2017, mereka berhasil memanen mentimun sepanjang 14 cm dengan berat 96 gram.
Keberhasilan Eden-ISS rencananya dijadikan tolok ukur untuk misi menanam buah dan sayur di bulan hingga planet Mars. Diharapkan rumah kaca ini mampu menumbuhkan tanaman dengan maksimal, tak peduli seekstrem apa cuaca diluarnya.
Editor: Y.A.Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment