#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Penyuluh Peternakan se-Sulsel Ikuti Bimtek SIWAB

DIOLUHTAN. Makassar - Dalam rangka mensukseskan upsus SIWAB (sapi indukan wajib bunting), sebanyak 12 orang penyuluh peternakan dan petugas pendamping peternakan mengikuti Bimbingan Teknis bagi Penyuluh dan Petugas Pengawalan dan Pendampingan Kegiatan APBN-P 2017 Komoditi Peternakan, di Maxone Hotel, Jl Taman Makam Pahlawan Makassar, 25-27 September 2017.
Kepala BPPSDMP Kementan RI, DR. Ir. Momon Rusmono, MS saat memberikan Sambutan dan membuka Bimbingan Teknis bagi Penyuluh dan Petugas Pengawalan dan Pendampingan Kegiatan APBN-P 2017 Komoditi Peternakan

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku yang diikuti sebanyak 300 penyuluh peternakan dari 24 kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan.
Kabid. Penyelenggaraan Pelatihan, BBPP Batangkaluku mengatakan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi teknis bagi penyuluh atau petugas pendamping agar dapat melakukan pengawalan kepada Kelompok Tani Penerima Manfaat Kegiatan APBN-P tahun 2017. “Sasaran dari bimtek ini adalah penyuluh atau petugas pendamping yang berada di wilayah Kelompok Tani Penerima Manfaat APBN-P Tahun 2017 pada komoditas peternakan dan perkebunan seperti kakao, kopi, dan kelapa yang berasal dari Sulsel,” ujarnya pada acara pembukaan bimtek.
Kadis Peternakan Prov. Sulsel memaparkan program kebijakan Peternakan di Sulsel

Beliau menambahkan  bahwa dalam rangka mengawal upaya Kementerian Pertanian mewujudkan swasembada pangan, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan RI melalui anggaran APBN-P Tahun 2017 mendapat mandat untuk melaksanakan pengawalan dan pendampingan. Hal ini dimaksudkan agar pengawalan dan pendampingan ini dapat berjalan efektif, efisien, dan mengawal keberhasilan serta keberlanjutan program, maka diperlukan penyiapan SDM Pertanian yang akan mengawal dan mendampingi. “Penyiapan SDM ini dilakukan oleh Pusat Pelatihan Pertanian beserta UPT Pelatihan Pertanian melalui kegiatan penyusunan modul atau materi TOT, bimtek, dan pelatihan teknis tematik. TOT dan bimtek khusus untuk penyuluh pertanian yang akan melaksanakan pengawalan dan pendampingan, sedangkan pelatihan tematik bagi kelompok tani penerima manfaat kegiatan,” tambahnya.
Para Petugas dan Penyuluh Peternakan se-Sulawesi Selatan

Bimtek ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) DR. Ir. Momon Rusmono, MS. Turut hadir dalam pembukaan Bimtek ini yaitu Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa, Dr. Ir. Syaifuddin, MP dan Kepala BBPP Batangkaluku, Ir. Kemal Mahfud, MM. serta para fasilitator. 
Author : Y.A.Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment