Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Patung dengan Bentuk Yang Fantastik, terbuat dari Jerami Tak Terpakai


DIOLUHTAN. Anda pasti tahu dengan jerami, salah satu limbah pertanian ini biasanya digunakan untuk mengisi lantai tempat ayam bertelur,  atau sandaran ternak agar tidak terlalu kotor, dan juga bagi sebagian yang sudah "cerdas", ada yang memanfaatkannya sebagai makanan ternak dan pupuk kompos.
Tetapi, bagaimana jika sudah tidak terpakai dan termanfaatkan? kalo dibakar nanti bikin polusi dan mematikan biota tanah untuk kesuburan tanah. Di sebuah negeri Asia timur. Sebuah ide kreatif dari warga jepang ini sungguh menakjubkan, mereka mengubah tumpukan jerami tak terpakai menjadi patung-patung besar dengan bentuk yang sangat unik!, bahkan mereka membuka kontes buat para petani untuk mengubah tumpukan jerami mereka menjadi bentuk yang unik dan menghibur.
1. Diatas adalah salah satu contohnya, kelihatannya kecil, tapi coba lihat perbandingan dengan manusianya, tingginya bisa mencapai 2 meter lebih!

2. Wow... dari kejauhan kelihatannya terbuat dari kayu.

3. Bukan hanya bentuk hewan saja yang populer, tapi bentuk kendaraan juga!

4. Mereka tidak main-main, kalau anda mau membuat sesuatu, seprti dibawah ini, sangat besar

5. Walau kelihatan mudah dibentuk, tapi sulit juga untuk membentuk jerami dengan ukuran besar seperti itu.

6. Karena jerami itu mudah rapuh, apalagi jika dipegang asal-asalan.

7. Kontes ini biasanya hadir di jepang ketika musim panas dan musim semi tiba.

8. Selain karena ramah lingkungan, patung yang terbuat dari jerami juga mengahsilkan patung dengan hasil yang unik.

9. Bila hal ini di indonesia, kemungkinan cuma dijadikan orang-orangan sawah, semoga hal ini bisa jadi inspirasi.

Editor : Y.A. Yahya
Sumber : www.pulsk.com

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment