Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Sukses Upsus SIWAB, Tingkatkan Populasi Ternak Bumi Celebes


DIOLUHTAN. Sulsel. Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Sulawesi Selatan menggelar sosialisasi program Upaya Khusus Sapi-Kerbau Indukan Wajib Bunting (UPSUS-SIWAB) di Aula kantor Dinas Peternakan Kab. Bone, Kamis (13/4/2017).
Hadir dalam sosialisasi tersebut, Kadis Peternakan dan Keswan Prov. Sulsel yang diwakili oleh Kepala UPT Inseminasi Buatan (IB) Disnakeswan Sulsel, Dr. Ir. H. Abdul Muaz, MSi, Kepala BBIB Singosari yang juga diwakili oleh Ir. Nurhayati, MM, Kepala Dinas Peternakan Kab. Bone, drh. H Aris Handono didampingi Sekretaris Dinas, Ir. Ahmad Effendi, MSi.
Dalam arahannya, Kepala UPT Inseminasi Buatan (IB) Disnakeswan Sulsel, Dr. Ir. H. Abdul Muaz, MSi menyampaikan bahwa dalam menyukseskan program Upsus SIWAB ini diperlukan kerja keras, kerjasama dan kekompakan, hal ini dikarenakan Sulsel diberi target 340ribu ekor sapi dengan 638 akseptor IB. “Saya berharap petugas IB, PPK Peternakan dan Penyuluh Pertanian sektor Peternakan untuk meningkatkan kinerja, kerjasama dan kekompakan, karena target Sulsel adalah 340ribu ekor sapi dan yang harus di IB minimal 240ribu ekor, untuk Kabupaten Bone diberi target 89ribu ekor karena dilihat dari jumlah populasi sapi di Kab. Bone yang mencapai 350ribu ekor” papar Muaz
Terkait dengan target sapi IB yang ingin dicapai tersebut maka kami bersama tenaga Inseminator, PPK Peternakan dan Penyuluh akan  menindaklanjutinya dengan mendiskusikan upaya-upaya teknis yang harus dilakukan bersama. “Target tersebut optimis bisa dicapai, upaya kerja keras para inseminator dan petugas peternakan bisa diandalkan apalagi baru-baru ini atas kerja keras mereka, kami memberi kado Hari Jadi Bone berupa rekor MuRI karnaval sapi terbanyak” ucapnya
BBIB Singosari : Optimis Sulsel Capai Target
Ditempat yang sama, Kepala Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari yang diwakili oleh Ir. Nurhayati, MM, merasa optimis program nasional UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi-Kerbau Indukan Wajib Bunting) Sulsel bisa berhasil memenuhi target, sebesar 240 ribu akseptor atau sekitar 340 ribu ekor kelahiran sapi hasil inseminasi buatan (IB). “Tinggal optimalisasi kegiatan dilapangan yang perlu digenjot. Utamanya penggerak dilapangan yaitu tenaga inseminator dan peningkatan pengetahuan petani oleh penyuluh peternakan. Mereka inilah yang merupakan tulang punggung program Upsus Siwab yang harus dimaksimalkan kerjanya,” harap Nurhayati dihadapan para peserta sosialisasi diantaranya para Camat se-Kab. Bone, PPK Peternakan, Penyuluh Peternakan dan Petugas IB.
Nurhayati lanjut mengatakan, program Upsus Siwab adalah merupakan program unggulan pemerintahan Jokowi melalui kementerian Pertanian RI. Oleh karenanya Pak Menteri Pertanian RI yang juga orang Bone, sangat serius mengawal program ini dengan sangat serius, agar program ini betul-betul dapat mencapai hasil sesuai yang ditargetkan. “Kalau program nasional ini ada yang kurang dari sisi pengadaan sarana dan prasarana pendukung, maka pihak kementerian melalui kami BBIB Singosari juga telah meminta dukungan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten untuk membantu program ini bisa berjalan sukses. Misalnya membantu untuk kebutuhan pengadaan kontainer IB dan lainnya untuk di daerahnya masing-masing. Dan ini sudah ada penyampaian secara tertulis kepada pemerintah provinsi dan kabupaten kota seluruh Indonesia." jelasnya
Nurhayati yang juga penanggungjawab Upsus Siwab di Kab. Bone dan Kab. Sinjai, merasa sangat bersyukur karena dukungan pemerintah Kab. Bone khususnya Dinas Peternakan Kab. Bone yang memilki populasi sapi terbesar di Sulsel.
Source : Yusran Yahya



Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment