Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Di Indonesia, Kab.Enrekang Catat Produksi Bawang Merah Tertinggi

DIOLUHTAN. Enrekang - Seperti yang dilansir oleh rakyatku.com. Data tersebut berdasarkan perhitungan dirilis langsung oleh Kementerian Pertanian. Kabupaten Enrekang, Sulsel menjadi yang tertinggi dengan jumlah produksi 400 ton. Enrekang yang selama ini selalu berada di posisi ketiga atau empat naik menjadi yang pertama dikarenakan sentra bawang terbesar di Indonesia yaitu Kab. Bima NTB dan Kab. Brebes Jawa tengah produksinya sedang menurun. 
Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan menjadi menjadi daerah penghasil bawang merah tertinggi di Indonesia pada median Maret dan April 2017. 

Selain karena alasan petani bawang di beberapa daerah itu beralih menanam padi karena musibah banjir yang melanda lahan. "Enrekang telah diperhitungkan di kancah nasional terkait produksi bawang merahnya," ujar Bupati Enrekang Muslimin Bando, Rabu (19/4/2017).
Selain itu, produksi bawang merah Enrekang melonjak tinggi karena lahan bawang merah Enrekang semakin meluas yang sebelumnya hanya dua kecamatan kini merata di 12 kecamatan. 
Kadis Pertanian Enrekang, Arsil Bagenda mengungkapkan, meski Kab. Enrekang produksinya terbesar di Indonesia, namun belum mampu memenuhi stok kebutuhan baawang merah di seluruh Indonesia. "Hanya memenuhi kebutuhan Indonesia Timur. Untuk pulau Jawa masih mengharap pada berbagai daerah pengahasil bawang merah di Jawa yang produksinya sedikit. Kita berharap bawang merah Enrekang produksinya terus bertambah," kata Arsil.
Arsil kembali menambahkan, produksi bawang Enrekang tidak akan berkurang, meski nanti saat memasuki bulan Ramadhan karena sebagian besar lahan di Enrekang masih dalam masa tanam.
Editor : Yusran A. Yahya
Sumber Artikel dan Foto : www.rakyatku.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment