Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Faktor yg Mempengaruhi Pengembangan & Penyebaran Pekarangan



A. Manusia
1. Adat istiadat
pada daerah yang berlaku hukum adapt matriarchat yaitu pihak ibu lebih dominant, maka keadaan pekarangannya hauh lebih baik pertawatannya. Pada daerah yang berlaku adat patriarchat, maka keadaan pekarangan kurang mengandung unsur keindahan.
2. Kebutuhan
kebutuhan dibedakan kebutuhan batiniah dan lahiriah. Pada kebutuhan batiniah pengelolaan pekarangan lebih cenderung pada wajah, bentuk  dan isi pekarangan yang indah sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi yang memilikinya.. Sedangkan kebutuhan lahiriah pengelolaannya diharapkan dapat memberikan hasil produksi yang dapat dikonsumsi atau dijual pemiliknya.
B. Agroklimat
1. Keadaan tanah
kesuburan tanah merupakan faktor yang penting karena dari sekian banyak jenis tanaman yang dapat dibudidayakan sebagian sangat peka terhadap kesuburan tanah.
2. Air tanah
tinggi rendahnya air tanah dapat berpengarug terhadap kesuburan tanaman, karena apabila air tanah terlalu tinggi menyebabkan tanaman yang tumbuh diatasnta menjadi tergenang air.
3. Curah hujan
Tinggi rendahnya curah hujan asangat berpengaruh terthadap tanaman yang akan dibudidayakan misalnya rambutan sangat cocok ditanam di dataran rendah dengan curah hujan rendah.
C. Agroekonomi
Faktor ini berpengaruh pada pekarangan yang diusahakan secara komersial dimana dalam menentukan jenis tanaman yang akan dibudidayakan perlu memperhatikan antara lain :
  • permintaan pasar
  • pengangkutan
  • jauh dekatnya dengan kota besar.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment