#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

7 Jenis Kerbau Termahal di Dunia

DIOLUHTAN-suluhtani. Kerbau adalah binatang memamah biak yang masih termasuk dalam anaksuku Bovinae. Hewan ini merupakan asli benua Asia yang dapat ditemukan di negara Pakistan, India, Bangladesh, Nepal, Bhutan, Vietnam, Cina, Filipina, Taiwan, Thailand dan Indonesia.
Di sejumlah negara, hewan ini secara umum di manfaatkan sebagai penghasil susu, daging, kulit dan tanduk untuk kebutuhan manusia. Namun di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan, kerbau bukan hanya diperuntukkan untuk hal seperti itu. Hewan ini menjadi penanda status sosial, yang dengan ciri khas tertentu pada warna kulit dan model tanduknya. Dengan ciri khas tersebut, harga kerbau itu bisa menyaingi harga mobil super mewah lho.

Ini bisa kita temui di Pasar Bolu di Kota Rantepao, Sulsel yang merupakan pusat perdagangan kerbau terbesar di dunia. Ratusan tedong demikian warga sulsel menyebut kerbau, dari berbagai jenis dijual di tempat ini. Harga perekornya bervariasi, dari yang murah hingga yang bernilai sangat fantastis, yakni mencapai setengah milyar rupiah.
Berikut 7 jenis kerbau termahal :

1. Tedong Saleko
Kerbau ini memili belang hitam putih di hampir sekujur tubuhnya. Jenis tersebut merupakan jenis Kerbau yang memiliki nilai status sosial yang sangat tinggi hingga nilai jual dari Tedong Saleko ini bisa mencapai Rp. 500 Juta per ekor.
2. Tedong Bonga
ciri-ciri kerbau ini adalah memiliki belang yang tidak sebanyak Tedong Saleko, seperti hanya terdapat belang putih di bagian kepala saja. Harga jualnya di pasaran bisa mencapai 300 juta perekor.
3. Tedong lotong Boko
kerbau ini memiliki ciri ciri warnanya kulitnya putih tetapi di pundaknya terdapat warna hitam, kerbau jenis ini sangat langkah di Toraja, dan harganya pun bisa bersaing dengan Tedong Saleko.
4. Tedong Pudu'
umumnya jenis ini berbadan kekar dan warna hitam, sangat kuat dalam bertarung. Pada acara adu kerbau pada pesta kematian, kerbau pudu umumnya tampil sebagai petarung yang kuat. harga jualnya sekitar Rp.40 juta sampai dengan Rp. 100 juta.
5. Tedong Sokko
Kerbau ini memiliki tanduk yang arahnya turun ke bawah dan hampir bertemu di bawah leher. Dengan warna tertentu nilainya menjadi menjadi ratusan juta rupiah per ekor.
6. Tedong Tekken Langi'
Jenis kerbau ini juga memiliki keunikan pada tanduknya, yakni satu mengarah ke atas sedang yang lainnya mengarah ke bawah. Sama dengan tedong sokko, dengan warna tertentu nilai jualnya bisa meroket hingga ratusan juta rupiah.
7. Tedong Bulan
Kerbau ini keseluruhan kulitnya berwarna putih, menurut legenda setempat jika seluruh tubuhnya berwarna putih (termasuk matanya) maka kerbau ini tidak akan bisa hidup biasanya akan langsung mati saat dilahirkan. Makanya di saat ada yang ditemukan hidup, harganya bisa selangit.


Re-suluh: Y.A.Yahya
Source: kabarmakassar.com
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment