#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Begitu Gencarnya Pertanian Organik di Indonesia



Kelompok tani yang sedang gencarnya menilik pertanian organik, di Indonesia pertanian organik atau bisa dibilang pertanian yang kembali ke asalnya, memang membutuhkan proses yang sangat panjang. Hal ini dilakukan oleh kelompok tani, Dukungan Hormon Zat pengatur tumbuhan untuk mengembangkan dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan pertanian organik. dasar ini berisi tentang bantuan  yang dapat diberikan ke pertanian organik bagi negeri sendri dan dunia, untuk meningkatkan keseluruhan aspek pertanian secara global. Pertanian merupakan salah satu kegiatan paling mendasar bagi manusia, menurut Jimmy semua manusia yang ada di bumi ini masih memerlukan  asupan nasi untuk setiap harinya. Coba kita bisa lihat sejarah, budaya dan komunitas andai kan dapat menyatu dalam pertanian. Mungkin prinsip ini bisa diterapkan dalam pertanian dengan pengertian luas, termasuk bagaimana manusia memelihara lahan tanah, Air, Tanaman, dan hewan untuk bisa menghasilkan, dan mempersiapkan,  penyaluran pangan dan produk lainnya. Tentunya semua menyangkut bagaimana manusia bisa atau tidak untuk berhubungan dengan lingkungan hidup di sekitarnya, berhubungan satu sama lain bisa menjadikan warisan untuk generasi yang akan datang.
Peran pertanian organik baik dalam produksi, pengolahan, distribusi dan konsumsi bertujuan untuk melestarikan dan meningkatkan kesehatan ekosistem dan organism, rantai makanan dari yang Terendah hingga Tertinggi manusia. Secara khusus, pertanian organik dimaksudkan untuk menghasilkan makanan bermutu tinggi dan bergizi yang mendukung pemeliharaan kesehatan dan kesejahteraan. Mengingat hal tersebut, maka harus dihindari penggunaan pupuk, pestisida, obat-obatan bagi hewan dan pertanian dan bahan aditif makanan yang dapat berakibat merugikan kesehatan manusia yang mengkonsumsinya. Pertanian organik harus didasarkan pada sistem dan siklus ekologi kehidupan. Bekerja, meniru dan berusaha memelihara system,  meletakkan pertanian organik dalam sistem kehidupan dan Prinsip menyatakan bahwa produksi didasarkan pada proses dan daur ulang Makanan dan kesejahteraan diperoleh melalui ekologi suatu lingkungan produksi yang khusus, sebagai contoh tanaman membutuhkan tanah yang subur, hewan membutuhkan sistem peternakan, (clean and health), ikan dan organisme laut membutuhkan lingkungan perairan.
Budidaya pertanian, peternakan dan pemanenan produk organik haruslah sesuai dengan siklus dan keseimbangan ekologi di alam. Siklus-siklus ini bersifat universal tetapi pengoperasiannya bersifat spesifik-lokal. Pengelolaan organik harus disesuaikan dengan kondisi, ekologi, budaya dan skala lokal. Bahan-bahan asupan sebaiknya dikurangi dengan cara dipakai kembali, didaur ulang dan dengan pengelolaan bahan-bahan dan energi secara efisien guna memelihara, meningkatkan kualitas dan melindungi sumber daya alam.Pertanian organik dapat mencapai keseimbangan ekologis melalui pola sistem pertanian, membangun habitat, pemeliharaan keragaman genetika dan pertanian. Mereka yang menghasilkan, memproses, memasarkan atau mengkonsumsi produk-produk organik harus melindungi dan memberikan keuntungan bagi lingkungan secara umum, termasuk di dalamnya tanah, iklim, habitat, keragaman hayati, udara dan air.
dari berbagai sumber

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment