Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Tips Pemberian Pakan Sapi Potong

TIPS PEMBERIAN PAKAN SAPI POTONG (oleh-oleh pengalaman penulis dengan tim ACIAR project)

Keberhasilan maupun kegagalan usaha peternakan sapi potong banyak ditentukan oleh PAKAN. Sama halnya manusia, sapi juga memerlukan nutrisi untuk hidup, beraktivitas dan beproduksi. Usaha sapi potong rakyat biasanya bersifat turun temurun dan pemeliharaannya sesuai dengan kemampuan peternak terutama dalam hal pakan dan pemberian pakan.
 
SAPI DARA
Sapi dara sebagai calon penghasil bakalan merupakan bagian penting dalam pengembangan sapi potong. Oleh karena itu perlu diperhatikan kecukupan gizi. Kekurangan maupun kelebihan gizi dapat mengakibatkan kegagalan reproduksi.

SAPI INDUK BUNTING
Sapi bunting perlu penambahan pakan, terutama pada 1/3 masa kebuntingan terakhir. Sapi muda yang bunting kebutuhan makanan diperlukan untuk pertumbuhan janin juga untuk pertumbuhan induk.

SAPI INDUK
Pemberian ransum yang berkualitas rendah saat tiga bulan awal setelah beranak khususnya protein akan memperpanjang waktu birahi berikut, akibatnya jarak beranak 1 tahun tidak dapat tercapai.

SAPI JANTAN
Sapi jantan yang digemukkan ransom yang diberikan ditujukan untuk membentuk daging dan lemak badan. Oleh karena itu ransum harus mengandung protein dan energi yang sesuai dengan kebutuhan
Sapi Bali yang gemuk

Semoga Bermanfaat...........
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment