Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Mari....Kendalikan Hama Tikus

MENGGANGGU KEBERADAAN HAMA TIKUS DENGAN MENGGUNAKAN BUAH AREN (INRU : bugis-makassar)

Para petani di Kab. Bone adalah salah satu pelaku utama yang masih giat dalam usaha budidaya Padi Sawah, walau akhir-akhir ini banyak kendala-kendala yg membuat petani hampir putus asa dalam membudidayakan padi sawah mereka diantaranya musim yg tak menentu, serangan hama penyakit yang utamanya adalah serangan hama tikus, makanya bersama penyuluh pertanian setempat berupaya membantu dalam peningkatan produksi padi secara kuantitas dan kualitas dengan membuat experimen yaitu menggunakan buah (inru') yang banyak tumbuh di daerah ini untuk mengganggu keberadaan tikus di sawah masyaraakat petani,  agar selain  Hama tikus dapat dikendalikan juga secara nasional produksi padi dapat meningkat seiring dengan peningkatan taraf hidup masyarakat.petani. Berikut adalah cara pembuatannya yang kami ulas secara ringkas.

Hal yang perlu dipesiapkan dan dilakukan adalah :



Bahan :
Buah Aren 20-30 Buah

Alat:
Parang atau Pisau

Cara Aplikasi :
-  Siapkan buah aren yang baru dipetik dari pohonnya.
- Potong-potong buah enau sampai 4 s/d 5 potong. Kemudian diletakkan pada saluran irigasi air masuk yang mengaliri sawah.
- Waktu yang terbaik untuk melakukannya , yaitu pada saat matahari mulai terbenam.
- Lakukan sebanyak 3 kali seminggu sampai saat ketika butir padi sedang masak.

Waspadalah !!!!!!!!!
Terlalu banyak buah enau akan beracun dan dapat mempengaruhi kesehatan kulit, Hati-hati menggunakannya pada aliran air yang sering digunakan orang untuk mandi.

INGATLAH
Jika Getah enau mengenai Anda, akan menyebabkan Gatal.

ANTISIPASI
Antisipasi dengan Menggunakan bulu ijuk



Semoga Bermanfaat.......!!!
Yusran A. Yahya dan Andi Elya Azis
BP4K Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment