#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Ayooo.. Usaha Penggemukan Domba

PENDAHULUAN
Cara penggemukan domba sebenarnya tidak sulit. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan peternak agar usaha penggemukan ini lebih menguntungkan yaitu pemilihan bibit, penanganan kesehatan, pegaturan pakan, perkandangan dan pengaturan waktu panen.
1. PEMILIHAN BIBIT
-          Bibit domba harus sehat dan tidak cacat
-          Penampilan fisiknya harus baik,
-          Bulunya harus tampak seperti basah,
-          Kakinya tegak dan besar,
-          Moncongnya tumpul.
-          Sebaiknya dipilih domba jantan karena pertumbuhannya lebih cepat dan pada yang betina, dipilih yang baru lepas sapih (berumur 6-8 Bulan), giginya masih rapat dan belum tanggal,
-          Bibit domba jantan ini juga dipilih yang tidak bertanduk dan sifatnya tenang,

2. PENANGANAN KESEHATAN
Domba harus juga dijaga dan dirawat kesehatannya sejak awal. Lingkungannyapun dihindarkan agar tidak sampai menimbulkan stress. Untuk itu pencegahan perlu dilakukan ketika bibit baru datang, sebelum dimasukkan kedalam kandang.
Domba yang baru datang harus langsung dicukur bulunya, agar bibit penyakit, kutu, dan parasit. lain bisa segera terbasmi. Dengan pencukuran ini, hasil dari penggemukanpun akan terlihat, dan bila setiap periode penggemukan hasil bulu cukurannya banyak, bisa dijual untuk menambah penghasilan. Setelah dicukur, domba langsung dimandikan sampai bersih dari semua kotoran yang melekat hilang.
Untuk mencegah penyakit, domba disuntik antibiotik dari obat cacing. Kemudian untuk mencegah stress, bibit domba itu diberi obat anti stress. Dan untuk menjaga kesehatan, domba harus diberi vitamin .
3. PENGATURAN PAKAN
Pengaturan pakan dilakukan sejak tahap awal penggemukan atau masa penyesuaian, yaitu sejak domba masuk kandang sampai seminggu. Pemberian pakan seekor domba per harinya sebagai berikut :
-          konsentrat 1,5-2 ons,
-          ampas tahu 7 ons
-          rumput 3 kg.
Cara pemberian :
  • pada pukul 05.00 ampas tahu dan konsentrat diberi lebih dahulu kalau pemberian keduanya dicampurkan dengan rumput, domba akan kurang meminatinya, karena ia lebih tertarik pada rumput.
  • Rumput diberikan pada pukul 09.30 dan diulangi dalam jumlah yang sama pada pukul 15.00.
  • Air diberikan setiap kali domba selesai diberi pakan rumput jumlahnya tak terbatas.
  • Pada hari-hari pertama tahap penyesuaian ini (2-3 hari), domba belum begitu bernafsu memakannya, karena belum biasa. Akan tetapi, setelah lewat masa itu, jumlah pakan sebanyak itu akan dihabiskannya.
  • Sejak minggu ke-2 dan minggu selanjutnya sampai masa penggemukkan berakhir, waktu dan jumlah pemberian pakannya sama. Hanya saja, jumlah konsentratnya berubah.
  •  minggu ke-2, konsentrat yang diberikan 2,5-3 ons, minggu ke-3 (umur 15-25 hari) menjadi 4 ons, lalu bertambah menjadi 5 ons sampai panen.
4. PERKANDANGAN
Kandang dengan sistem baterei diisi seekor domba perkandang. Ukuran kandang, panjang buat 1m, lebar 60 cm, tinggi 60 cm.
Satu lokasi ( satu atap) terdiri dari 2 baris kandang yang tidak saling berhadapan tiap barisnya. Agar domba mau makan lebih bernafsu, setiap wadah pakan sebaiknya digunakan untuk 2 domba. Wadah pakan itu diletakan disisi luar dan tidak saling berhadapan dengan barisan kandang lainnya.Wadah pakan itu bisa dibuat dari bambu atau bahan lain yang mudah didapat serta harganya murah.
Atapnya dibuat dari genting, atau rumbia yang telah tua, agar siang hari kandang tidak terlalu panas dan pada malam harinya menjadi hangat, dibuat berkemiringan 45°.
5. WAKTU PANEN
Hal lain yang ikut menentukan besarnya keuntungan menggemukan domba cara ini ialah waktu pemeliharaan, Sekalipun pertumbuhannya cepat, namun pada suatu saat kecepatan pertumbuhannya akan berkurang dan dari segi ekonomi tidak lagi menguntungkan.
Karena domba sering digemukan sejak lepas sapih, maka waktu penggemukan yang lebih tepat ialah 45 – 60 hari. Kalau masa penggemukkannya terlalu lama ( misalnya lebih dari 60 hari ), penggemukkan ini akan melewati masa tanggal gigi yang bisa menurunkan bobot badannya. Selain itu, dengan waktu penggemukkan hanya 45 hari perputaran uang menjadi lebih cepat Domba yang sebelumnya berat rata-ratanya 20 kg, setelah 45 hari penggemukkan bisa mencapai 32 kg.
PENUTUP.
Pemeliharaan domba untuk penggemukan, tujuan utama yang diharapka adalah produksi daging, sehingga tatalaksana pemeliharaan sangat berpengaruh terhadap hasil produksi dan perlu diperhitungakan secara cermat biaya produksi untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. 
Selamat mencoba......
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment